Tim Indonesia Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Futsal Asia U-20

Tim nasional futsal Indonesia melaju ke babak perempat final Kejuaraan Futsal Asia U-20 di Bangkok, Thailand. Hal itu dipastikan setelah dalam pertandingan Jumat anak-anak asuh Yori van der Torren mengimbangi Jepang dengan skor 3-3.

Hasil tersebut membuat Indonesia berada di posisi puncak klasemen Grup B dengan delapan poin.  Namun, Indonesia belum pasti keluar sebagai juara Grup B karena Jepang yang berpoin lima masih memiliki satu laga sisa melawan Vietnam dan berpeluang mengambil alih posisi puncak grup jika menang dalam selisih gol. 

Bertanding di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Indonesia unggul terlebih dahulu melalui gol Samuel Eko di menit kesembilan. 

Baca juga:  Prediksi Swedia vs Swiss

Namun, Jepang membalikkan keadaan setelah mencetak dua gol dalam waktu berdekatan, menit ke-13 dan ke-14, masing-masing melalui Yamada Jiei dan Okada Shokei. Jepang pun memimpin laga dengan skor 2-1 di babak pertama. 

Di babak kedua, Indonesia berusaha keras mengejar ketinggalan. Beberapa peluang sempat didapatkan Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan tetapi gagal dimaksimalkan.

Justru Jepang memperbesar keunggulan dengan skor 3-1 berkat gol sang kapten Shimizu Kazuya di menit ke-34. 

Demi menyusul Jepang, tim pelatih timnas kemudian menerapkan strategi “power play” di tiga menit sebelum laga usai. Cara ini terbukti jitu setelah Samuel Eko membuat dua gol di menit ke-37 dan menit ke-40. Skor 3-3 pun bertahan sampai peluit akhir dibunyikan. 

Baca juga:  Kalahkan Atlet dari Palembang, Tapak Suci SDS Al Furqon Tulang Bawang Barat Raih 2 Emas & 4 Perak

Babak perempat final akan digelar pada Senin (22/5). Kalau keluar sebagai juara Grup B, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat dua Grup A. Sementara jika menduduki posisi kedua, Indonesia nantinya melawan juara Grup A. 

Di Grup A, yang diisi Irak, Thailand, Afghanistan, Malaysia, Bahrain dan Brunei Darussalam, dua negara yaitu Irak dan Thailand memiliki peluang lolos sebagai peringkat pertama atau kedua karena sampai berita ini diturunkan, keduanya belum terkalahkan.

ANTARA