Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Menahan Kentut, Berbahaya?

menahan kentut
Ilustrasi – Ist

seringkali mengeluarkan kentut pun menjadi tak mungkin dan akan berujung dengan ditahan saja. Hmm, Saat situasi sedang tidak memungkinkan, berbahaya atau tidak ya?

Pakar kesehatan pencernaan dari NYU Langone Medical Center, Lisa Ganjhu mengatakan DO, tubuh mengeluarkan gas berlebih dengan beberapa cara yakni bersendawa dan kentut. Nah, saat Anda ingin kentut namun justru ditahan, Ganjhu menuturkan efek yang muncul biasanya terasa pada bagian perut.

“Tidak terlalu berbahaya, namun akan muncul rasa tidak nyaman di perut karena gas berlebihan tersebut tak dikeluarkan, seperti kembung atau begah,” tutur Ganjhu, seperti dikutip dari Men’s Health.

Baca juga:  Duh, Menjemur Pakaian di Dalam Rumah Berbahaya!

Ia melanjutkan, faktanya setiap hari tubuh mengeluarkan gas 10-20 kali, disadari oleh Anda maupun tidak. Ini merupakan proses normal. Proses ini dilakukan untuk mengeluarkan gas berlebihan dalam tubuh.

“Kasus yang parah seperti gangguan di usus besar jarang terjadi. Umumnya efek yang terjadi adalah dorongan udara balik dan memicu kembung serta ketidaknyamanan di perut,” tambahnya.

Sebisa mungkin usahakan untuk tidak membiasakan diri menahan kentut, namun jangan juga sampai menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain. Ganjhu menganjurkan Anda untuk mencari tempat privasi seperti bilik toilet jika Anda ingin kentut di tempat yang ramai dan banyak orang.

Baca juga:  Selangkangan Sering Gatal,JANGAN DIGARUK!, Ini Solusinya

Untuk mencegah penumpukan gas berlebih dalam tubuh, perhatikan pemilihan menu makanan dan minuman Anda. Beberapa jenis asupan tertentu dapat memicu hal ini, di antaranya minuman bersoda, makanan berpemanis buatan, serta produk olahan susu. [detik]