Di Depan Investor Hong Kong, Jokowi Memuji Anies Mampu Pimpin DKI

Foto: Dok. Biro Pers Setpres
Foto: Dok. Biro Pers Setpres

Kepada delapan investor papan atas Hong Kong, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji nama Anies Baswedan sebagai gubernur terpilih DKI Jakarta. Anies, kata Presiden Jokowi, adalah sosok yang mampu memimpin Jakarta.

Lalu, seperti apa ceritanya?

Pada Senin (1/5/2017), Presiden Jokowi berbicara dalam Forum Bisnis Indonesia-Hong Kong. Forum itu berlangsung di di Hotel Conrad, Hong Kong. Selesai bicara dalam forum tersebut, Jokowi melanjutkan pertemuan dengan delapan investor papan atas Hong Kong.

Pertemuan bersifat tertutup dan berlangsung di salah satu ruangan di lantai 7 Conrad Hotel. Presiden Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Rosan P Roeslani.

Dari pihak investor Hong Kong hadir antara lain Li Ka-shing, Robert Kuok, dan Peter Wong. Presiden Jokowi kemudian melakukan pembicaraan dengan delapan investor besar Hong Kong tersebut.

Mengawali pidatonya, Jokowi mengatakan saat ini Jakarta baru saja menyelesaikan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Anies Baswedan terpilih sebagai Gubernur DKI periode 2017-2022.

Kepada delapan investor tersebut, Jokowi menyebut Anies Baswedan adalah sosok yang mampu memimpin Jakarta. “Presiden Joko Widodo menyebut nama Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta terpilih dan capable (mampu) memimpin Jakarta,” demikian disampaikan oleh salah satu peserta yang ikut dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan investor Hong Kong tersebut.

Peserta tersebut tak mau disebutkan namanya. Namun Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarkan isi pertemuan soal Jokowi yang menyebut Anies sebagai gubernur terpilih dan mampu memimpin Jakarta. “Iya,” kata Pramono singkat. Selebihnya Pramono menolak memberikan penjelasan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memanfaatkan kesempatan berbicara di Forum Bisnis Indonesia-Hong Kong semaksimal mungkin. Di forum tersebut, misalnya, Jokowi memuji sosok miliarder asal Hong Kong Li Ka-shing sebagai ‘Superman’.

Julukan ‘Superman’ pun dilekatkan pada sosok Li Ka-shing karena kepiawaiannya dalam berbisnis. Jokowi sempat bertemu dengan Li Ka-shing secara tertutup dalam kunjungannya ke Hong Kong itu.

Li sudah sepuluh tahun berinvestasi di Indonesia. Karena itu, Jokowi mengajak para investor Hong Kong lainnya mengikuti jejak Li. “Anda mungkin ingin segera membeli properti di sana sebelum Li Ka-shing membeli semuanya dan harganya juga menjadi naik,” pungkas Jokowi. [detik]