Ngeri, Purnawirawan Jenderal TNI AD Punya Info Valid Mantan PKI di Lingkungan Istana

Demo anti PKI (IST)
Demo anti PKI (IST)

Purnawirawan yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) mempunyai info yang cukup valid mantan anggota PKI ada di lingkaran Istana.

“(PKI di Ring 1 Istana) itu adalah suara para Purnawiran. Kita tidak etis kalau menyebut orang-orangnya,” Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri di sela-sela acara Rakernas PPAD 2017 di Padepokan Pencak Silat, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Rabu (22/3).

Kata Kiki, para purnawiran TNI AD menyuarakan adanya mantan anggota PKI berada di lingkungan istana.

“suara purnawirawan mendeteksi itu, jadi harus saya suarakan,” ungkapnya.

Kata Kiki temuan adanya mantan PKI dalam posisi strategis dan kabinet tersebut diantarnya adalah soal adanya desakan PKI yang menuntut pemerintah meminta maaf atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Termasuk mendesak agar perlakuan terhadap PKI di masa lalu harus dibawa ke peradilan HAM.

Akibatnya, Komnas HAM pun sempat mendatangi pengurus PPAD beberapa waktu lalu. Khususnya, terkait dugaan pelanggaran HAM yang dimaksud tersebut.

“Kita sudah jelaskan, Purnawirawan ingin selesaikan masalah ini supaya tidak menjadi beban anak cucu di masa depan,” tegas Kiki

Acara PPAD akan berlangsung selama dua hari, 22-23 Maret 2017, dan dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono. Ikut hadir dalam acara tersebut mantan Menteri Koordinator Ekonomi Kwik Kian Gie, Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi, eks Kepala Bin Letjen (Purn) Marciano Norman, serta jajaran pejabat TNI dan puluhan pengurus PPAD seluruh Indonesia.