Survei Oxfam Tunjukkan Kemiskinan di Era Jokowi Makin Meningkat

Ilustrasi kemiskinan (IST)
Ilustrasi kemiskinan (IST)

Hasil survei Oxfam menunjukkan angka ketimpangan ekonomi di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) makin melebar.

“Hasil survei Oxfam menunjukkan kekayaan empat orang taipan Indonesia setara dengan kekayaan 100 juta penduduk miskin Indonesia,” kata pengamat politik dan ekonomi, Salamuddin Daeng dalam pernyataan kepada suaranasional, Jumat (24/2).

Kata Salamuddin, Oxfam medasarkan perhitungan ini dari standar kemiskinan yang dikeluarkan World Bank.

“Tentu saja Badan Pusat Statistik terpukul dengan berita ini, karena lembaga pemerintah yang paling kredibel dalam hal data dan menjadi rujukan kebijakan pembangunan ini harus mengevaluasi ulang hasil survei mereka,” papar Salamuddin.

Salamuddin mengatakan, sebelumnya Pemerintah Jokowi bisa berbangga dan menepuk dada karena dalam dua setengah tahun berkuasa berhasil mengurangi ketimpangan ekonomi diĀ  Indonesia.

Baca juga:  Guru Besar UI: Beberapa Kali Melanggar Konstitusi, Problematika Bangsa Ini Ada di Presiden Jokowi

“Paling tidak itu yang tergambar dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang direlese pada bulan Januari 2017 yang menyatakan bahwa ketimangan ekonomi yang ditunjukkan oleh koefisien gini (gini ratio) Indonesia mengalami menurun,” ungkap Salamuddin.

Tidak hanya itu, menurut Salamuddin, pemerintahan Jokowi sendiri bagaikan disambar petir. Bayangkan, pemerintah begitu membanggakan hasil kerja mereka selama dua setengah tahun terakhir dengan program membangun dari pinggiran.

“Proyek 1 miliar per desa dan berbagai program pembangunan infrastruktur ternyata belum bisa menggeser posisi Indonesia sebagai negara paling timpang di dunia,” pungkas Salamuddin.

Baca juga:  Sepakat Impor Gas dari Singapura, Ada Mafia Besar Bermain & Amunisi di Pilpres 2019