Ketumnya Kritis ke Penguasa dan Ahok, Pemuda Muhammadiyah Terancam Perpecahan

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak (IST)
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak (IST)

Pemuda Muhammadiyah di ambang perpecahan setelah kader yang diganti dari kepengurusan tidak terima dan akan mengelar musyawarah luar biasa.

“Kalau sampai pengurus Pemuda Muhamamdiyah menggelar Munaslub, itu arahnya sudah jelas mau memecah belah Pemuda Muhammadiyah,” kata pengamat politik Zainal Abidin kepada suaranasional, Kamis (12/1).

Menurut Zainal, Ketum PP Muhammadiyah mempunyai kewenangan penuh untuk mengganti kepengurusan yang dianggap melenceng. “Saya menduga Dahnil mengganti kader yang diduga ikut berpolitik praktis dan selalu mengatasnamakan Pemuda Muhammadiyah,” ungkap Zainal.

Kata Zainal, perpecahan itu akan makin menguat karena selama ini Dahnil sangat kritis terhadap penguasa dan Ahok.

“Pemuda Muhammadiyah secara institusi melaporkan Ahok dalam kasus penistaan agama, dan ada anggota Pemuda Muhammadiyah yang menjadi pendukung Ahok. Dan ini memunculkan masalah di tubuh organisasi, makanya Dahnil menertibkan,” jelas Zainal.

Pergantian 11 orang tubuh Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah dilakukan ketua umum Dahnil Anzar Simanjuntak menuai kritik.

Danhil dianggap gegabah dalam mengambil keputusan dalam organisasi dipimpinnya itu.

Hal itu dikatakan Sekjen Pengurus Pusat Muhammadiyah Syaharuddin Alrif dalam keterangannya, Kamis (12/1). Dia menilai tindakan reshuffle dilakukan itu tidak sesuai prinsip organisasi dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Pemuda Muhammadiyah.

“Sebagai ketua umum Dahnil seharusnya tidak bertindak gegabah seperti itu,” ujar Syaharuddin.

Syaharuddin mengaku bakal membahas masalah ini. Sebab bila kesalahan dilakukan Danhil dianggap sudah parah, tidak menutup kemungkinan bakal digelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub). Untuk itu, masalah ini bakal dibahas pada pimpinan Muhammadiyah.

Baca juga:  Luhut Pusing, Menang Jadi Arang dan Kalah Jadi Abu