Presiden Jokowi Nilai Megawati Sosok Pejuang Demokrasi

Presiden Joko Widodo berpidato pada HUT PDIP ke 44
Presiden Joko Widodo berpidato pada HUT PDIP ke 44 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (10/1). Foto: Ricardo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai pejuang demokrasi yang memegang teguh prinsip. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi kepada wartawan setelah menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Ke-44 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Selasa (10/1).

“Ya, kan jelas ya. Bahwa Ibu Megawati itu kan Pejuang Demokrasi. Artinya apa? Yang tidak demokratis, yang mengganggu pasti beliau lawan. Tuh prinsip itu,” kata Presiden.

Megawati, kata Jokowi, bahkan akan melindungi Presiden yang telah terpilih secara demokratis. “Begitu juga yang ingin, yang ingin mengganggu Presiden. Karena Presiden yang sekarang terpilih konstitusional. Pasti beliau akan turun dan tadi sudah disampaikan,” katanya.

Untuk bentuk konkretnya, Presiden menyerahkan kepada Megawati terkait bentuk dukungan yang akan diberikan. “Tanyakan ke Bu Mega,” kata Presiden sambil tersenyum. Megawati Soekarnoputri yang mendampingi hanya tersenyum dan menolak memberikan pernyataan.