Terkait Tenaga Kerja China, Pemerintah Jokowi Pura-pura Pikun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (IST)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (IST)

Pemerintahan Jokowi mulai berlagak pikun, pura-pura amnesia dan buta. Berlagak tidak tahu penyebab mengapa TKA China menyerbu masuk ke Indonesia baik secara legal maupun ilegal.

Demikian dikatakan anggota Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Jakarta Salamuddin Daeng kepada suaranasional, Kamis (28/12).

Kata Salamuulddin, potensi membanjirnya jutaan TKA China merupakan konsekuensi dari pertama, Perdagangan bebas ASEAN dengan China melalui CAFTA.

“Kedua Investasi China dalam berbagai mega proyek listrik, kereta cepat, pertambangan dan berbagai projek infrastruktur lainnya yang mensyaratkan mempekerjakan TKA dari China,” papar Salamuddin.

Menurut Salamuddin, faktor ketiga membanjirnya TKA China karena banyaknya barang barang impor dari negeri Tirai Bambu yang mendorong perdagangan pedagang dari negara tersebut langsung menjalankan kegiatannya di Indonesia.

“Biasanya sebelumnya barang dari China dijual oleh pedagang Tionghoa di dalam negeri. Saat ini, bahkan banyak pedagang yang berasal dari China yang langsung menyewa dan membeli ruko untuk menjual sendiri barang barang produk China,” papar Salamuddin.