by

Terbongkar Bohong, Ahok Akui tak Selalu Lepas Sepatu Ziarah ke Ibu Angkatnya

Ahok gunakan sepatu saat ziarah ke makam ibu angkatnya (DOK Kompas Online)
Ahok gunakan sepatu saat ziarah ke makam ibu angkatnya (DOK Kompas Online)

Setelah terbongkar kebohongan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengakui tidak harus melepas sepatu saat ziarah ke ibu angkatnya.

“Saya membuka demi menghormati kakak-kakak saya. Kalau nyekar sendiri, enggak ada kakak, saya pakai sepatu. Kalau ada kakak, sepatu saya lepas karena kakak saya yang meminta, ini tradisi keluarga untuk lepas sepatu,” ujar Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jumat (16/12).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengakui tidak bisa ke mana-mana tanpa mengenakan sepatu.

“Jadi dari kecil kebiasan pakai sepatu. Istri saya saja ketawain saya kalau ke mal dekat rumah pakai sepatu. Istri saya ngeledek, ‘Dari Pondok Indah ya Pak ke Mal di Pluit saja pakai sepatu’,” ujar Ahok.

Baca juga:  Ansor Jakarta: Ahok dan Pengacaranya Menabuh Perang dengan NU

Ia mengatakan, kebiasaannya mengenakan sepatu di setiap kesempatan ini rela dia tinggalkan demi menghormati tradisi di keluarga angkatnya.

Saat membacakan nota keberatan (eksepsi) dalam sidang perdana kasusnya, Selasa (13/12/2016), Ahok mengatakan bahwa ia rutin berziarah ke makam ibu angkatnya itu di Karet Bivak.

Bahkan, kata Ahok, dia tak mengenakan sepatu atau sandal saat berziarah. “Bahkan saya tidak mengenakan sepatu atau sendal saat berziarah, untuk menghargai keyakinan dan tradisi orang tua dan saudara angkat saya itu,” ujar dia ketika itu.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed