Ahok Bebas, Muncul Pembangkangan Sipil

Ahok (Aktual.com)
Ahok (Aktual.com)

Akan muncul pembangkan sipil jika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinyatakan bebas dan tidak bersalah dalam kasus penistaan agama.

“Dalam kasus penistaan agama oleh Ahok, aksi boikot dapat berkembang menjadi pembangkangan sipil, jika negara berlarut-larut tidak menangkap Ahok. Apalagi membesaskan Ahok,” kata Direktur Eksekutif Soekarno Institute For Leadership, Gde Sriana.

Kata Gde Sriana, bentuk pembangkangan sipil yang sangat ditakuti penguasa adalah menolak membayar pajak dan mogok kerja nasional.

Baca juga:  Ulama NU Ingatkan Ketua GP Ansor Soal Duduk Semeja Dengan Penista Agama

“Perlu diingat oleh Pemerintah, dalam beberapa peristiwa pembangkangan sipil di beberapa negara, selanjutnya diikuti dengan tumbangnya rezim penguasa,” paparnya.

Gde mengatakan, aksi boikot yang telah terjadi seperti terhadap layanan jasa antar on line Grab, produk makanan (roti) dan sebuah media (stasiun) televisi. Boikot umat Islam kepada pihak-pihak itu dalam sekejap menjadi viral di media sosial.

“Seketika itu juga kini disadari, baik oleh umat Islam sendiri maupun pihak-pihak di luar gerakan boikot ini, bahwa ternyata aksi boikot umat Islam sangat cepat dan kuat dalam menyatukan sikap masyarakat dan berdampak parah pada pihak-pihak yang diboikot,” jelasnya.

Baca juga:  6 Laskar FPI Tertembak Mati Polisi, Syekh Ali Jaber Ucapkan Duka Cita & Minta Umat Islam Bersatu

Menurut Gde, jika boikot dan pembangkangan sipil didasari dengan semangat membela agama. Karena umat Islam percaya, hanya kehendak Allah yang menyatukan dan menggerakkan jutaan hati hamba-NYA serta mengatur seluruh kebutuhannya.


2 comments

  1. awas lho pak pernyataan bapak bisa masuk kategori “permufakatan jahat” menentang hasil pengadilan

  2. Si bapak ini kalo komentar kagak mikir, memangnya seluruh umat Islam di Indonesia satu pemikiran dengan bapak?
    Logikanya saja seluruh umat beragama juga manusia yang butuh makan dan seluruh keluarganya butuh biaya, dengan boikot sehari dua hari mungkin bisa tapi kalo selamanya? emg yg kasi makan bapak?
    Para pengusaha sih gampang tinggal tutup bisnis dan pindah ke vietnam, china or negara lainnya yg rakyatnya butuh kerjaan dan uang utk biaya hidup.
    Kalau memang dengan aksi Boikot bisa menghasilkan uang jatuh dari langit untuk seumur hidup saya dan keluarga (gak usah muluk” soal masuk Sorga dulu.) Saya ikut!
    Gak ketulungan pemikiran bodoh dan provokasi ga jelas arah pun bisa diucapkan semudah itu.

Comments are closed.