Demi Membela Rohingya, Malaysia Ancam Mundur dari Piala AFF Cup 2016

Skuad Timnas Malaysia
Skuad Timnas Malaysia – Sidomi

Sebagai bentuk empati Malaysia atas pembantaian muslim Rohingya, Timnas Malaysia akan mundur dari perhelatan AFF Cup 2016 yang saat ini digelar di Filipina dan Myanmar.

Ancaman boikot Malaysia tersebut disampaikan oleh Khairy Jamaluddin, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia seperti dilansir Malaymailonline, Rabu (23/11/2016).

Khairy terbukti sangat serius ketika dia membawa isu boikot tersebut dalam sidang kabinet Malaysia yang digelar minggu ini. “Saya sudah menyampaikan isu itu pada sidang kabinet kemarin dan saya teguh atas keputusan itu,” ungkap Khairy dalam akun Twitternya.

Baca juga:  Lorenzo Rebut Pole dikualifikasi MotoGP Jerez Kalahkan Marquez

Pernyataan Khairy merujuk kepada permintaan mufti dari Perlis bernama Datuk Dr Mohd Asri Zainul Abidin yang meminta Timnas Malaysia memboikot AFF 2016 Myanmar sebagai pembelaan atas muslim Rohingya.

[ BACA JUGA: Hadapi Thailand Tanpa Irfan Bachdim, Riedl Yakin Indonesia Bisa Atasi ]

“Apa artinya olahraga tanpa kemanusiaan. Lebih dari itu, ini adalah bentuk kekejaman yang ekstrim terhadap salah satu kelompok etnis manusia yang beragama muslim,” lanjut Khairy. “Kami berharap pemerintah tegas dalam permasalahan ini,” tegasnya.

Saat ini Timnas Malaysia memimpin di grup B Piala AFF 2016 setelah mengandaskan perlawanan Kamboja 3-2 di pertandingan pertama.

Baca juga:  Persija Kalahkan Persib, Pelati Persija Puji Konsentrasi dan Motivasi Pemainnya

Aksi boikot itu sebagai bentuk protes atas perilaku tidak manusiawi aparat Myanmar yang sudah membunuh dan melecehkan anak-anak dan wanita, serta membakar mereka hidup-hidup.

Diberitakan bahwa Pemerintah Myanmar menganggap etnis Rohingya bukanlah bagian dari bangsanya, karena negara yang menganut mayoritas ajaran Budha itu menganggap Rohingya sebagai imigran ilegal dari Bangladesh.