Hadapi Thailand Tanpa Irfan Bachdim, Riedl Yakin Indonesia Bisa Atasi

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia – Antara

Dalam laga pertama, timnas sepakbola Indonesia akan menghadapi Thailand  pada Piala Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) 2016 di Philippine Sports Stadium, Ciudad de Victoria, Bulacan, Sabtu sore ini. 

Pertandingan pertama bagi Indonesia dalam babak utama penyisihan grup ini sudah seperti pertandingan final. Karena, Thailand merupakan tim terkuat di kawasan Asia Tenggara, sekaligus juara bertahan Piala AFF.

Bahkan Alfred Riedl, pelatih Indonesia menganggap Thailand sebagai tim yang difavoritkan menjadi juara dalam turnamen tahun ini. 

“Menurut saya, Thailand berada di atas tim-tim lain di turnamen Piala AFF 2016,” ucap Riedl, Kamis lalu. 

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B di turnamen terbesar Asia Tenggara ini. Selain Thailand, Indonesia harus berhadapan dengan tuan rumah Filipina dan Singapura dalam babak penyisihan grup.

Baca juga:  Demi Membela Rohingya, Malaysia Ancam Mundur dari Piala AFF Cup 2016

Meskipun begitu, pelatih asal Austria ini tak mau kalah mental sebelum bertanding. Ia tetap optimistis anak didiknya mampu mengatasi perlawanan tim Thailand yang berjulukan Gajah Putih.

Kemungkinan besar Riedl akan memasang formasi 4-4-1-1 saat melawan Thailand. Pelatih 67 tahun ini akan memasang enam pemain bertahan untuk meredam serangan lawan. Selanjutnya, ia berharap pada serangan balik yang cepat untuk menyarangkan bola ke gawang Thailand.

Riedl sudah mencoba strategi tersebut dalam latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, Selasa lalu. Ketika itu, Riedl memasang Boaz Theofilius Erwin Solossa sebagai ujung tombak. Di belakang Boaz, Riedl menaruh Zulham Malik Zamrun sebagai penyerang kedua sekaligus penyuplai bola untuk penyerang klub Persipura Jayapura tersebut.

Sayangnya, Riedl masih merahasiakan siapa rekan Boaz dilini depan saat melawan Thailand. “Boaz pasti ada rekannya, tapi tunggu saja nanti,” paparnya sambil tersenyum.

Baca juga:  Bagnaia Finish Terdepan MotoGP Malaysia 2022, Gelar Juara Dunia Belum Aman

Riedl rupanya masih kecewa atas absennya Irfan Haarys Bachdim. Pemain 28 tahun asal klub Consadole Sapporo itu mengalami cedera retak tulang kering saat latihan, Selasa lalu. Meski begitu, dia menjamin tim nasional tetap bisa bermain maksimal tanpa Irfan.

Gelandang tim nasional Andik Vermansyah juga mengaku sedih atas absennya Irfan. Padahal Andik berharap Irfan dapat berbicara banyak dan mencetak banyak gol di Piala AFF 2016.
Andik pun berharap penyerang pengganti Irfan, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, dapat membantu serangan tim nasional.