Era Jokowi, Kasus BLBI Cenderung Dilindungi

Demo Kasus BLBI (IST)
Demo Kasus BLBI (IST)

Penegakan hukum di Indonesia menjadi salah satu hal yang disoroti selama dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla  (Jokowi-JK) berjalan. Sebagian pihak menilai, selama ini rezim saat ini cenderung mengintervensi persoalan hukum, sehingga tidak berfungsi sesuai aturan yang berlaku.

Anggota Komisi II DPR Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria berpendapat, sektor hukum di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo masih kurang optimal. Salah satu kasus yang dinilai ada campur tangan pemerintah adalah dugaan korupsi pengadaan lahan Rumah Sakit Sumber Waras yang disinyalir melibatkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Baca juga:  Ketua Pansus BLBI DPD Sarankan Fadel Muhammad Fokus Masalahnya dengan Bank Intan yang Masih Punya Utang BLBI

“Selain itu, skandal BLBI dan Century. Pada dua kasus besar itu pemerintah terkesan melindungi,” katanya dalam survei dua tahun kepemimpinan Jokowi-JK yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) di Hotel Pan Pasific Place, Jakarta, Minggu (23/10).

Selama ini, belum ada terobosan revolusi mental sebagaimana dijanjikan Jokowi-JK. Presiden, kata dia, baru sebatas melakukan pemberantasan pungutan liar (pungli) di tingkat jajaran bawah, namun belum menyentuh kalangan pejabat tinggi.

“Presiden harus merata berantas pungli dari tingkat bawah hingga atas. Saya dengar peningkatan jabatan di Polri pakai uang. Begitu pun masuk Akpol,” ujar Riza.

Baca juga:  The Jokowi Center Minta Satgas Penanganan Corona Dipimpin Jenderal Aktif