Denny JA Bongkar Kesalahan Hasil Survei SMRC

Kicauan Denny JA (IST)
Kicauan Denny JA (IST)

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny membongkar kesalahan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Denny mengungkapkan jumlah responden survei yang lebih dari 100 persen. Denny juga melampirkan gambar grafik yang dibuat SMRC untuk memperkuat cuitannya.

“Keanehan pertama Survei SMRC (Saiful Mujani), jumlah total semuanya lebih dari 100 persen …(emoticon tertawa),” kicau Denny di akun Twitter-nya @DennyJA-WORLD

Sejumlah 45,4 persen responden survei, yang dilaksanakan 1-9 Oktober 2016 itu, memilih Ahok-Djarot, 22,4 persen Agus-Silvyana, 20,7 persen Anies-Sandi, dan 11,6 persen tidak tahu. Jika dijumlahkan persentasenya lebih dari 100 persen, yakni 100,1 persen.

Sebagaimana dikutip dari tajuk.co, dari sisi metodologi juga ada yang aneh pada survei ini. Disebutkan bahwa dari 810 rencana responden, yang bisa diolah hanya 648 responden. Untuk menjaga kemurnian random sampling, tidak dilakukan pengambilan responden pengganti guna melengkapi 810 itu.

“Tetapi distribusi sampel per Kota kok masih bisa proporsional-sempurna. Ajaib sekali bahwa kekurangan responden menyebar secara proporsional di semua kota,” kata seorang peneliti lainnya.