by

PHE-24 Dibangun Pertamina dengan PT. Gunanusa Utama Fabricators-PT. Timas Suplindo, Kandungan Komponen Dalam Negeri 61,8%

phe24-ptg-timas

Pertamina telah melakukan Instalasi anjungan lepas pantai PHE-24 dilokasi wilayah kerja PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) telah diresmikan. Pertamina boleh berbangga hati karena instalasi ini adalah instalasi yang pertama kali dirancang dan dibangun sendiri oleh Pertamina tanpa adanya campur tangan asing.

“Yang mendesain platform adalah Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) sendiri,” ucap Dwi Soetjipto, Dirut PT Pertamina kepada wartawan setelah meresmikan Instalasi anjungan lepas pantai PHE-24 di pipe vessel Hilong yang berlabuh di Lepas Pantai Perairan Madura seperti kami kutip dari detikcom, Kamis (13/10/2016).

Baca juga:  Kehabisan┬áBensin Jauh dari Pom, Pertamina Sediakan Kios BBM Mini

Dwi mengatakan, cikal bakal pengembangan teknologi desain adalah elemen penting untuk ke depan. Hal itu menjadi modal untuk berperan lebih baik lagi dalam pembangunan proyek-proyek Pertamina selanjutnya.

Bahkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk proyek ini pun cukup tinggi yakni 61,8 %.

“Fabrikasi dilakukan oleh Gunanusa dan aplikasinya oleh Timas (Suplindo),” papar Dwi.

Saat ini salah satu yang belum bisa dilakukan oleh putra bangsa adalah masih dilibatkannya pipe laying vessel Hilong yang Indonesia masih belum mempunyainya. Kapal Hilong ini membantu memasang pipa untuk proyek yang termasuk bagian dari Engineering, Procurement, Construction & Installation I (EPCI-1) ini.

Baca juga:  SPBU Vivo Milik Asing Lebih Murah dari Pertamina, Permainan Siapa?

Dengan rancangan sendiri dan semakin tingginya TKDN menurut Dwi sangat berdampak positif. Hal itu berkaitan dengan efisiensi perusahaan mengingat harga minyak saat ini masih rendah.

“Sejak akhir 2015 dan awal 2016, harga minyak masih melemah. Adanya efisiensi ini membuat cost bisa ditekan lebih rendah,” Pungkas Dwi.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed