Tudingan Pelecehan Al Qur’an, Wakil Katib Syuriah NU Jakarta Minta Pernyataan Ahok Dipahami Secara Utuh

Ahok (IST)
Ahok (IST)

Jakarta – Wakil Katib Syuriah NU DKI Jakarta Taufik Damas memberikan pembelaan terhadap orang nomor satu di ibu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait tuduhan pelecehan terhadap surat Al Maidah ayat 3.

“Jadi titik tekannya adalah kalimat ‘membohongi pakai ayat’, bukan ayatnya yang membohongi,” kata alumni Universitas Al Azhar Kairo, Mesir ini dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (8/10).

ucapan Ahok sangat berpotensi disalahpahami. Karena itu Taufik menilai wajar jika kemudian ada penilaian yang menyebut Ahok telah melakukan pelecehan terhadap ayat tersebut.

“Hanya saja, seharusnya kita lihat video aslinya yang utuh. Saya sudah melihat, dan suasananya sangat cair. Masyarakat tampak antusias dan gembira mendengarkan pidato Ahok ketika itu,” kata Taufik.

Taufik menyarankan agar ke depannya tidak ada lagi yang menggunakan isu SARA (suku, agama, ras, antar golongan) ke dunia politik. Isu SARA berpotensi melahirkan kontroversi.

“Karena dalam politik tak menutup kemungkinan ada orang yang menjadikan ayat-ayat hanya sebagai alat politik. Memperlakukan ayat-ayat sebagai alat politik justru inilah yang berbahaya, karena berpotensi mengaburkan fakta politik yang sebenarnya,” kata Taufik.