Aneh! Pelaku Bom Bunuh Diri Solo, Tidur di Kandang Ayam Selama 6 Bulan?

image

Mapolresta Surakarta pada 5 Juli lalu menginformasikan sebelum melakukan aksi bom bunuh diri, Nur Rohman yang dikejar polisi selalu bersembunyi.

Demi menghindari pengejaran ia memilih menjadi pekerja di sebuah peternakan ayam di Klaten. Bahkan dia rela tidur di kandang ayam selama enam bulan. 

“Dia bekerja di sebuah peternakan ayam petelor milik warga bernama Winarno yang berada di Dusun Menggung, Desa Gedong Jetis, Tulung, Klaten. Dia menjadi anak kandang, artinya bekerja di kandang dan sekaligus juga tidur di kandang. Dia bekerja di kandang itu selama enam bulan hingga melakukan aksi (bom bunuh diri) itu,” ucap AKP Parmo Kapolsek Tulung, Sabtu (23/7/2016).

Densus 88/AT Mabes Polri berkaitan dengan itu maka Sabtu pagi tadi juga mengamankan dua pasang suami istri asal Tulung. Mereka adalah pasangan Agus Suharyanto – Bekti dan pasangan Winarno – Zubaidah. Diketahui Agus adalah kakak kandung Nur Rohman, sedangkan Winarno adalah pemilik usaha ternak ayam tempat Nur Rohman bekerja selama buron.

Baca juga:  Polisi Tangkap Pelaku Pencoretan Mushola 'Saya Kafir' di Tangerang

Hinga kini dua pasangan itu masih dibawa oleh Densus 88. Rumah Agus maupun rumah dan kandang milik Winarno juga telah dilakukan penggeledahan. Namun Parmo mengaku tidak tahu-menahu barang apa saja yang ditemukan dan dibawa Densus di tempat yang digeledah, karena penggeledahan tidak melibatkan Polsek.

Parmo juga tidak tahu peran apa yang dituduhkan terhadap kedua pasangan itu

“Mungkin ya hanya diinterograsi saja sebagai kakak. Ya lumrah kalau keluarga ditanya-tanya. Selama ini Pak Agus baik-baik saja kok di kampung. Dia kan pendatang, istrinya yang asli orang sini. Tapi dia bermasyarakat dengan baik. Meski demikian kami tidak tahu keterlibatannya secara pasti dalam kasus adiknya,” ungkap Parmo.

Baca juga:  Bos Jasa Kurir Tanggapi Kebijakan Anies Minta Setop Kegiatan Kantor

Selain itu Parmo juga menegaskan bahwa selama ini di kawasan Tulung tidak ada kegiatan-kegiatan mencurigakan terkait aksi kekerasan atau terorisme. Karena Jajaran Polsek selalu melakukan patroli dan berkoordinasi dengan semua pihak di Tulung. Tidak ada laporan atau temuan yang mencurigakan oleh jajarannya maupun laporan warga.

“Semua kami awasi dengan seksama. Di daerah kami memang banyak kandang-kandang ternak. Semua juga selalu kami pantau. Semua aman. Memang kami tidak pernah memeriksa para pekerja kandang, tapi selama ini juga tidak ada info atau laporan apapun dari warga. Dia (Nur Rohman) selama di sini ya statusnya karyawan kandang. Kita juga tidak tahu kalau dia DPO,” pungkasnya.