Kasus Natuna, Hanya Sandiwara Jokowi-China

Presiden Jokowi di atas Kapal KRI Imam Bonjol (IST)
Presiden Jokowi di atas Kapal KRI Imam Bonjol (IST)

Kasus Natuna hanya sandiwara yang dilakukan Presiden Jokowi dengan Pemerintah China untuk mengalihkan kasus dalam negeri seperti tidak berhasilnya menjungkirbalikkan harga daging dan sembako.

“Kalau saya lihat hanya sandiwara saja kasus Natuna. China sangat bersahabat dengan Indonesia di era Jokowi. Dan persahabatan ini bisa dimungkinkan untuk membuat drama seperti itu,” kata pengamat politik Muhammad Huda kepada suaranasional, Jumat (24/6).

Kata Huda, dalam politik hal yang lumrah untuk menyatukan bangsa dengan membuat musuh bersama terutama dari negara lain. “Tapi musuh bersama dari China dalam kasus Natuna, kelihatannya gagal,” ungkap Huda.

Huda juga mengatakan, Jokowi pose foto di atas kapal perang Imam Bonjol hanya untuk bergaya saja. “Itu hanya gaya-gayaan saja, fotografer ada yang mengarahkan, ada juga yang asli,” papar Huda.

Menurut Huda, kalau dibandingkan dengan armada laut China, Indonesia masih kalah jauh. “KRI Imam Bonjol itu dari Jerman Timur yang sudah sangat tua, sedangkan China miliki kapal selam, dan kapal perang yang sangat canggih,” jelas Huda.


Baca juga:  Jokowi Akui tak Ada yang Ditakuti Kecuali Allah, Politikus Demokrat: Bohong, Sama Mega Saja Takut