Sewa Susi Air Angkut Minyak Pertamina, Ada Indikasi Kolusi

Susi Air mengangkut minyak Pertamina (Dok. Detik)
Susi Air mengangkut minyak Pertamina (Dok. Detik)

Pertamina yang mengangkut minyak ke perbatasan Malaysia menggunakan Susi Air terindikasi Menteri KKP Susi Pudjiastutusi kolusi dan memanfaatkan kekuasannya untuk bisnis.

“Menggunakan Susi Air mengangkut minyak pertamina untuk perbatasan di Malaysia terindikasi kolusi dan bagi-bagi proyek oleh Menteri KKP Susi Pudjiastuti,” kata pengamat politik Sahirul Alem kepada suaranasional, Jumat (10/6).

Kata Alem, penunjukkan Susi Air oleh Pertamina untuk mengangkut minyak ke perbatasan Malayasia itu sangat tidak jelas. “Asal tunjuk, lelang atau apa, ini khan menggunakan uang negara Pertamina,” ungkap Alem.

Baca juga:  Pengamat: Taipan dan Penguasa di Belakang Moeldoko?

Alem meminta pihak DPR untuk memanggil Pertamina dan manajemen Susi Air terkait pengiriman minyak menggunakan pesawat milik Menteri KKP. “Biayanya berapa, alasan memilih Susi Air juga harus dijelaskan di hadapan wakil rakyat. Media massa juga harus membongkar kasus ini,” papar Alem.

PT Pertamina (Persero) melakukan pengiriman solar perdana ke Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara kemarin (8/6/2016) menggunakan pesawat yang disewa dari Susi Air. Nunukan merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang ada di Pulau Kalimantan.

VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengungkapkan bahwa pengiriman solar ke Nunukan dilakukan dari Tarakan, perjalanan dengan pesawat. Perjalanan pengangkutan BBM memakan waktu 1 jam. Untuk uji coba tahap awal ini, Pertamina mengirim 1.000 liter solar.

Baca juga:  Pemuda Aswaja: Pilih Jokowi-Ma'ruf akan Dapat Pahala