Hadapi Kasus RS Sumber Waras, KPK Hanya Badut-badutan Saja

Gedung KPK (IST)
Gedung KPK (IST)

Ketua KPK Era Agus Rahardjo mengatakan dua pekan mendatang akan menyampaikan ‘kejutan’ atas kasus Rumah Sakit Sumber Waras (RSSW).

“Sesuatu yang belum pernah disampaikan. Artinya, bukan mengulang lagi seperti rangkaian membentuk Satgas sampai mencari niat jahat. Kegiatan tersebut sudah lewat,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Prijanto dalam pernyataan kepada suaranasional, Senin (7/6).
 
Kata Prijanto, pernyataan akhir Ketua KPK yang ditunggu adalah ‘kasus RSSW masuk Tipikor atau bukan Tipikor’. Itulah tebakan yang paling pas.

“Sudah saatnya Ketua KPK menyampaikan hal ini kepada masyarakat. Jika tebakan ini benar, itu bener-bener pernyataan kejutan. Artinya, KPK sudah bisa menyelesaikan tahapan kewajibannya dan memiliki sikap berani mati untuk mengumumkan,” ungkap Prijanto.

Prijanto mengatakan, ada opini yang berkembang, bahwa akhir dari penyelidikan, KPK akan menyatakan kasus RSSW bukan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi). “Itulah tebakan yang berkembang di kelompok masyarakat baik pro maupun kontra. Apakah ini kejutan?”

Kata Prijanto, Jika hal ini benar, tentu pernyataan tersebut bukanlah kejutan. Karena sudah diperkirakan kedua belah pihak. Bagi yang berharap kasus RSSW bukan Tipikor, jelas biasa-biasa saja karena sudah meyakininya. Apakah yakin karena berdasarkan logika hukum yang bener menurut mereka atau yakin akan kekuatan yang telah mereka mainkan terhadap kasus tersebut.

Ia mengatakan, pernyataan atau pengumuman Ketua KPK dua pekan yang akan datang, yang bisa mengejutkan semua pihak, jika kasus RSSW dinyatakan sebagai Tipikor.

“Di luar itu, bukanlah kejutan. Bahkan bisa jadi disebut pernyataan ‘lucu-lucuan’. Tudingan masyarakat ‘KPK sebagai badut’ pun tak terelakkan. Kepanjangan KPK pun berubah ‘Komisi Perlindungan Koruptor’ yang memuakkan, bisa saja terjadi,” pungkasnya.