Hamilton Juara GP F1 Monaco, Rio Finish Urutan Buncit Lagi

Lewis Hamilton - Crash.net
Lewis Hamilton – Crash.net

Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton tampil sebagai juara seri GP Monako. Sementara itu, pembalap Manor andalan Indonesia, Rio Haryanto, finish di posisi 15.

Seri Balapan yang di helat di Circuit de Monaco, Minggu (29/5/2016), dimulai dengan lintasan basah karena siraman hujan. Start pun harus diawali di belakang safety car.

Sirkuit de Monaco yang mempunyai belokan tajam, memang sulit bagi para pembalap untuk bisa saling menyalip. Setelah melahap sebanyak 78 putaran, Hamilton menjadi yang pertama menyentuh garis finish dengan catatan waktu satu jam 59 menit 29,133 detik. Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, ada di posisi kedua dengan catatan 7,252 detik lebih lambat.

Melengkapi podium ada Sergio Perez dengan catatan 13,825 detik lebih lambat dari Hamilton. Berturut-turut ada di posisi empat dan lima ada Sebastian Vettel dan Fernando Alonso.

Rio Haryanto, meskipun mencapai finish terbaiknya, sesungguhnya menjadi pembalap terakhir yang menyentuh garis finis, karena tujuh pembalap lain tak mampu menyelesaikan lomba.

Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan pertama di musim balap 2016. Dia kini menempati posisi dua klasemen pembalap dengan raihan angka sebanyak 82 poin. Pembalap Mercedes lainnya, Nico Rosberg, yang menjadi pemuncak klasemen pembalap dengan catatan 106 poin.

Jalannya Balapan

Balapan GP Monako dimulai di belakang safety car. Sebabnya, lintasan balapan masih amat basah akibat hujan deras yang turun di Monako.

Balapan baru berjalan normal saat lap ketujuh. Safety car sudah ditarik keluar. Tapi, belum ada satu lap balapan berjalan, ada kecelakaan hingga balapan dalam situasi virtual safety car.

Baca juga:  Hore, Pembalap Muda Rio Haryanto Akhirnya Resmi Membalap di F1

Kecelakaan yang menimpa driver Renault, Jolyon Palmer, menjadi sebabnya. Palmer menabrak dinding pembatas, hingga pecahan mobilnya harus dibersihkan dari lintasan.

Dengan adanya sejumlah insiden, kesempatan bagi pembalap Indonesia, Haryanto, mampu memperbaiki posisi. Di lap delapan, dia ada di posisi 15.

Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, mengalami kecelakaan di lap kedelapan. Dia menghantam dinding yang mengakibatkan bagian depan mobilnya hancur.

Vettel mengganti ban di lap 14. Saat kembali ke lintasan, dia ada di posisi 11. Hingga lap 15, Ricciardo masih memimpin balapan. Dia unggul sekitar 11 detik dari lawan-lawannya.

Posisi Rio terus melorot hingga delapan lap setelah menempati posisi 15. Dia ada di posisi 18 saat balapan berjalan sebanyak 16 putaran. Sementara rekan setimnya, Pascal Wehrlein ada di posisi 12.

Insiden yang antara Kevin Magnussen dan Daniil Kvyat membawa berkah bagi Rio. Dia pun naik ke posisi 17 di lap 21.

Hamilton untuk pertama kalinya menjadi pemimpin balapan di lap 24. Ricciardo melakukan pit, hingga pembalap asal Inggris itu bisa menjadi pembalap terdepan. Max Verstappen yang mengawal balapan dari posisi 21, sudah berada di peringkat 10 saat lap 25.

Satu strategi pit yang tak mulus membuat Ricciardo kehilangan posisi pertama balapan di lap 32. Tim Red Bull masih belum siap menyediakan ban cadangan, hingga dia harus masuk ke lintasan di posisi dua.

Penampilan impresif Verstappen terhenti di lap 35. Mobilnya menghantam pembatas hingga dia gagal melanjutkan balapan.

Pertarungan antara Hamilton dan Ricciardo di posisi dua pembalap terdepan menjadi suguhan utama balapan di Monako kali ini. Hingga lap 53, Hamilton masih ada di posisi terdepan.

Baca juga:  Tim Ayam Jantan Melenggang ke Semifinal Setelah Taklukkan Keganasan Uruguay

Rio ada di posisi 16 saat lap 53. Dia sudah tertinggal dua lap dari pembalap-pembalap di posisi sembilan besar.

Di sisa balapan, kompsisi dua pembalap terdepan tak berubah. Hamilton berhasil menjadi juara GP Monako 2016.

Berikut Hasil Lengkap Balapan GP Monako:

Pos-Pembalap-Tim-Waktu
1. Lewis Hamilton (Britain) Mercedes 1:59:29.133
2. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull – TAG Heuer +00:07.252
3. Sergio Perez (Mexico) Force India – Mercedes 00:13.825
4. Sebastian Vettel (Germany) Ferrari 00:15.846
5. Fernando Alonso (Spain) McLaren 01:25.076
6. Nico Huelkenberg (Germany) Force India – Mercedes 01:32.999
7. Nico Rosberg (Germany) Mercedes 01:33.290
8. Carlos Sainz Jr (Spain) Toro Rosso – Ferrari 1 lap
9. Jenson Button (Britain) McLaren 1 lap
10. Felipe Massa (Brazil) Williams-Mercedes 1 lap
11. Valtteri Bottas (Finland) Williams-Mercedes 1 lap
12. Esteban Gutierrez (Mexico) Haas – Ferrari 1 lap
13. Romain Grosjean (France) Haas – Ferrari 2 laps
14. Pascal Wehrlein (Germany) Manor – Mercedes 2 laps
15. Rio Haryanto (Indonesia) Manor – Mercedes 4 laps

Tidak Finish

Marcus Ericsson (Sweden) Sauber – Ferrari 26 laps
Felipe Nasr (Brazil) Sauber – Ferrari 29 laps r.
Max Verstappen (Netherlands) Red Bull – TAG Heuer 44 laps
Kevin Magnussen (Denmark) Renault 45 laps
Daniil Kvyat (Russia) Toro Rosso – Ferrari 58 laps
Kimi Raikkonen (Finland) Ferrari 67 laps
Jolyon Palmer (Britain) Renault 72 laps