Dari Sopir Angkot, Menjadi Juara Pertama Lintas Sumbawa 320K

Foto: Kompas
Foto: Kompas

Matheos Berhitu yang kesehariannya bekerja sebagai sopir angkot, berhasil menjadi juara lari ultra Lintas Sumbawa 320K tahun 2016.

Pelari asal Ambon itu dinobatkan sebagai satu-satunya pelari yang berhasil menyelesaikan lomba lari ultra Lintas Sumbawa 320K tahun 2016.

Diketahui Matheos Berhitu sebelum lomba dimulai, memegang teguh tujuannya dalam mengikuti perlombaan ini, yaitu menang dan menjadi juara.

“Memang sudah dari dulu saya atlet, dari kecil sampai tua masih atlet di bidang atletik, lari,” ucap bapak 4 orang anak iniĀ  Kompas.com di Minggu (17/4/2016).

Lalu, kapan dan dimana Matheos berlatih staminanya?

“Saya biasa latihan malam sampai subuh, 10, 12 jam. Persiapan buat ikut 320K ini baru dua minggu. Ini kan ikut yang 320 kilometer, saya harus membiasakan badan saya, lari dari pagi hingga malam ketemu pagi lagi,” jawab Matheos.

Baca juga:  Hujan Deras & Angin Kencang Terjadi di Lamongan

“Panasnya di Sumbawa, di Nusa Tenggara Barat ini, sungguh luar biasa. Hampir-hampir saya tidak tahan juga sebenarnya. Namun, saya katakan, Tuhan kasih kekuatan agar bisa jalani semua ini dengan baik, dan ternyata Tuhan kasih kekuatan,” ujar Matheos.

Selain itu Matheos mengungkapkan bahwa kekuatan yang sama didapatkan Matheos melalui dukungan dari keluarganya. Hampir setiap kali dirinya istirahat sejenak saat berlari, baik siang maupun malam, selalu menyempatkan diri untuk menelepon istrinya, Vien Berhitu (47).

“Istri saya selalu setia, telepon atau SMS, tetap semangat dan selalu dikasih support. (Dia berkata) Tetap harus semangat, apa pun yang terjadi. Kalau menang bukan kehendak Tuhan, ya sudah. Namun, kalau masih bisa, maju terus. Itu membuat saya lebih bersemangat,” papar Matheos.

Baca juga:  Hati-hati, Roy Agustin Fitrianto Diduga Terlibat Penipuan

Dia berterima kasih juga kepada komunitas “Run for Indonesia” yang sudah mendukung penuh keterlibatannya dalam perlombaan Lintas Sumbawa 320K. Dukungan itu pun yang membuat Matheos mau mendaftarkan diri dan berlari sejauh 320 kilometer di Sumbawa.

Matheos mengatakan, dia menanti perlombaan berikutnya tahun depan, jika diadakan.