Harlah ke-90, Santri TBS Kudus Khataman Al-Qur’an dan Pawai

Pawai santri TBS Kudus
Pawai santri TBS Kudus

Memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-90 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus diisi dengan beragam kegiatan, baik oleh para siswa (santri) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tasnawiyah (MTs.), maupun Madrasah Aliyah (MA).

Beragam kegiatan yang digelar khataman al-Qur’an, tahlil umum, ziarah ke makam muassih (pendiri-Red) dan masyayikh (guru-guru), dan khusus untuk MI TBS, juga menggelar pawai (kirab) keliling Kota Kudus pada Ahad (27/3/2016).

“Pawai ini diikuti oleh seluruh santri MI TBS. Namun ada juga para alumni yang tergabung dalam Ikatan Siswa Abituren (Iksab) Cabang Yogyakarta yang datang sendiri ingin ikut menyemarakkan pawai,” ungkap kepala MI TBS Kudus, ustadz Salim S.Ag. M.Pd dalam keterangan kepada suaranasional.

Baca juga:  Netizen Sebut Menpora Imam Nahrawi Banci Kaleng

Salim mengemukakan, pawai ini dalam rangka mengakrabkan antara santri satu dengan lainnya dengan kegiatan yang santai tepat di peringatan Harlah. “Terbukti, para santri sangat antusias mengikuti pawai ini,” ungkapnya.

Antusiasme para siswa itu ditunjukkan dengan beragam penampilan yang diperankan dalam pawai tersebut. Mulai dari yang mengenakan baju ulama muslim, busana daerah, polisi, tentara, dan juga ada yang membawa seragam pendekar silat Pagar Nusa.

“Dari beragam busana yang ditampilan itu, ada makna yang hendak disampaikan kepada masyarakat luas, yakni tentang keragaman yang menjadi cirri (penanda) dari lahirnya bangsa Indonesia,’’ tuturnya diamini ustadz Maulana Malikuddin, ustadz Mbar Tomo, dan ustadz Chirzil Ala.

Baca juga:  Dishub Jabar Larang Transportasi Online, Ridwan Kamil: Semoga Maklum

Selain itu, pawai ini sekaligus untuk menyapa masyarakat secara langsung, karena para santri TBS ini merata hampir dari semua desa yang ada di Kabupaten Kudus. ‘’Jadi, ini sebagai wujud terima kasih TBS atas kepercayaannya memasukkan putranya belajar di sini,’’ paparnya.

Pihak madarasah pun berterima kasih atas terselenggaranya pawai yang berjalan dengan lancer. ‘’Terima kasih atas bantuan aparat kepolisian yang telah membantu pengamanan dan juga para wali santri yang telah membantu kegiatan pawai ini. Termasuk, mobil untuk pawai juga difasilitasi oleh para wali santri,’’ jelasnya.