Pemain Sepakbola Legendaris, Johan Cruyff Meninggal Dunia

Photograph: Colorsport/Rex/Shutterstock
Photograph: Colorsport/Rex/Shutterstock

Salah satu pemain sepakbola terbaik legendaris asal Belanda Johan Cruyff telah meninggal, Kabar duka datang dari Barcelona. Johan Cruyff, meninggal dunia pada usia 68 tahun.

“Johan Cruyff 1947-2016” demikian tulis kabar yang diunggah di salah satu situs resmi milik sang maestro, World of Johan Cruyff. Cruyff meninggal dunia pada hari ini, Kamis (24/3/2016), setelah berjuang melawan kanker.

“Pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff (68), meninggal dengan tenang di Barcelona, dikelilingi oleh keluarganya setelah berjuang melawan kanker. Dengan penuh dukacita, kami meminta kesediaan untuk memberikan ruang pribadi kepada pihak keluarga selama masa berkabung ini,” demikian lanjutan pernyataan yang tertulis.

Baca juga:  Priska Berikan Kejutan di Australia Open Junior

Cruyff adalah legenda, baik sebagai pemain maupun pelatih. Ia adalah “anak kandung” Total Football yang dicetuskan oleh Rinus Michel. Sebagai pemain, ia pernah meraih berbagai gelar juara bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Feyenoord.

Sebagai pelatih, ia mengoleksi banyak trofi bersama Ajax dan Barcelona, termasuk European Cup (nama lama Liga Champions) pada 1992 bersama Barca.

Selain itu Johan Cruyff jugalah yang mencetuskan La Masia, yang kini menjadi akademi milik Barcelona. Dari La Masia itulah kemudian lahir pemain-pemain yang di kemudian hari menjadi sosok penting bagi Barca dan juga timnas Spanyol.

Baca juga:  Kandaskan Myanmar 7-1, Indonesia Juara Ketiga Piala AFF U-18