Menko Maritim Tuding TEMPO Manipulatif, Ada Apa?

Rizal Ramli (IST)
Rizal Ramli (IST)

Menko Maritim Rizal Ramli menuding media TEMPO melakukan manipulatif terkait dwelling time.

Melalui akun Twitter @RamliRizal, ia menuliskan kekesalannya terhadap TEMPO. “Tempo betul2 manipulatif. Pidato JKW 8 bulan yl diputar ulang lagi spy seolah-olah baru. Agenda setting memalukan,” ungkap Rizal.

Rizal mengatakan, TEMPO memanipulasi waktu dwelling time di-mark up lima hari. “Tempo betul2 sangat manipulatif. Angka dwelling time pun di mark up 5 hari, padahal 3.4 hari.. Kasian deh.. “Enak dibaca tapi tidak perlu,” kicau Rizal.

Baca juga:  Mardani Ali Sera Bantah Ocehan Babeh Haikal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan menteri dalam kabinetnya segera menyelesaikan masalah masa waktu tunggu muat-bongkar barang atau dwelling time. Jokowi mengatakan salah satu penyebab perombakan kabinet jilid pertama adalah masalah dwelling time.

Jokowi berujar, jangan sampai hal ini terulang kembali. “Saya tunggu. Jika enam bulan tidak bergerak sama sekali, ada menteri yang akan saya copot,” ucap Jokowi saat meresmikan Pusat Logistik Berikat di Cilincing, Jakarta, Kamis, 10 Maret 2016. “Saya cek lagi sudah di bawah lima hari.”

Jokowi mengaku kecewa karena dwelling time di Indonesia mencapai enam-tujuh hari. Ia mencontohkan dwelling time di Singapura yang hanya satu hari, sementara di Malaysia dua hari.

Baca juga:  Penjilat Ahok Sebut Rizal Ramli Pembohong