Gempa Terjadi Saat Gerhana, Tanda Alam Apa?

image
Foto: Amris Tanjung/pembaca detikcom

Pada saat terjadinya Gerhana Matahari beberapa gempa bumi terjadi. Lalu apakah gempa yang terjadi ada kaitannya dengan Gerhana?.

Gempa berada di Laut Banda dan Laut Sulawesi.Menanggapi hal tersebut BMKG pun menegaskan bahwa tidak ada keterkaitan antara gempa tersebut dengan gerhana yang terjadi.

“Terjadi 2 gempa bumi, dengan Skala 4,1 sama 4,2. Yang pertama di Laut Banda dan Laut Sulawesi. Termasuk gempa dalam tapi tidak potensi tsunami,” kata Masturiyono Deputi Geofisika BMKG di kantor BMKG Pusat, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2016).

“Antara gempa satu dengan yang lainnya berselang 15 menit. BMKG memastikan bahwa tidak ada kaitan antara gempa dengan gerhana,” lanjut Mastur.

“Saya memastikan tidak ada kaitannya gempa bumi tadi dengan gerhana matahari. Tapi tentu para ahli bisa membuat penelitian yang lebih detil,” tutup Mastur.

Saat gerhana matahari, BMKG melakukan live streaming dari 19 kota di Indonesia. Dari 19 kota itu, ada 7 kota yang mengalami gerhana matahari total.

Di ruangan BMKG sendiri tampak 7 kota yang dilalui gerhana matahari total terpampang di 7 layar. Selain itu, BMKG juga menampilkan peta cuaca serta gempa.

Kota-kota yang dilalui gerhana matahari total sendiri yaitu Tanjung Pandan (Belitung), Muko-muko (Bengkulu), Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate. Sementara kota yang dilalui jalur gerhana matahari sebagian yaitu Aceh, Jakarta, Medan, Yogyakarta, Kupang, Manado, Bandung, Karangkates (Malang), Denpasar, Makassar, Ambon, dan Jayapura.