Bakmi SUKA, Rasanya Menggoda Lidah, Warung Makan Legendaris di Purworejo

Bakmi Suka -Foto: Tribun Jogja/Hamim
Bakmi Suka -Foto: Tribun Jogja/Hamim

Sesuai dengan namanya (Bakmi SUKA), hampir setiap pengunjung yang datang dan mencoba bakmi SUKA akan menyukainya. Warung makan ini terletak di jalan KH. Ahmad Dahlan 103 Purworejo.

Bakmi SUKA memiliki menu spesial yakni bakmi goreng maupun bakmi godok (kuah).

Seperti diketahui olahan bahan-bahan bakmi SUKA bergaya masakan China, karena perintis sendiri yang bernama Darinah dan Pakmi dulunya adalah juru masak di rumah makan China yang ada di Purworejo.

“Dulu saya pada tahun 1969, dan Bu Darinah pada tahun 1969 ikut kerja di warung makan Angko selama kurang lebih 20 tahun. Kemudian pada tahun 1985, kami buka warung makan sendiri,” kata Peni (62).

Peni selalu konsisten menjaga cita rasa masakan bakmi agar para pembeli selalu datang.

Campuran isi dari bakmi Bakmi goreng di warung Suka berisikan mie kuning yang dimasak bersama irisan kubis dan potongan daging ayam kampung.

“Bumbu utama yang digunakan adalah bawang putih, kaldu ayam, bumbu rempah lainya, dan ditambah kecap manis,” lanjut Peni.

Baca juga:  Mudik Lewat Yogyakarta, Yuk Mampir di Tongseng Bebek Tanpa Micin

Gurih dan sedikit manis adalah cita rasa yang akan langsung anda rasakan saat pertama kali mencicipi masakan yang satu ini.

Irisan daging ayam kampung pun semakin membuat bakmi goreng Suka semakin lezat, apalagi bagi Anda yang suka makan pedas disediakan pula sambal kecap dan cabai rawit sebagai pendampingnya.

Selain itu cara masak bakmi menggunakan arang tetap dipertahankan untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat dan khas.

Hidangan lain yang menjadi andalan Warung Bakmi Suka adalah cap cay dan gurameh asam manis, fuyung hay, pak lay, misoa, nasi goreng, sup jamur, dan beberapa masakan khas China lainnya.

“Dulu pertama kali kami berjualan hanya menggunakan tenda di pinggir jalan, tepatnya berada di depan SD Penabur. Baru pada tahun 1995 pindah ke tempat yang saat ini kami tempati,” kisah Peni.

Dalam sehari Peni dan Darinah bisa menghabiskan 12 hingga 15 ekor ayam kampung untuk beragam masakan.

Jumlah tersebut akan bertambah jika pada hari libur. Karena banyak dari pelanggan Bakmi Suka berasal dari luar daerah Purworejo.

Baca juga:  Sate bulayak, Kelezatan khas Lombok yang Bikin Ketagihan

Jadwal buka warung bakmi suka ialah setiap hari, buka dari pukul 11.00 siang hingga 08.00 malam.

Dan untuk harga saat ini bakmi goreng/godog per porsi harganya Rp. 25 ribu. Harga yang sama juga untuk menu cap cay dan nasi goreng.

Dilihat dari harga bakmi, cap cay, dan nasi goreng di warung ini memang lebih mahal dari warung kebanyakan, tetapi setiap porsinya sangat banyak sehingga bisa untuk makan berdua.

“Setiap porsi kami masak untuk ukuran keluarga, jadi setiap masakan bisa dinikmati ramai-ramai,” ujar Peni.

Purworejo adalah Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki beberapa tempat makan legendaris, dan salah satunya adalah Warung Bakmi Suka. Nah, jika anda datang ke Purworejo jangan lupa cicipi lezatnya masakan Warung Bakmi SUKA ya.