Ridwan Kamil di Ultimatum Partai Gerindra, ada apa?

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Partai Gerindra mewacanakan akan menyiapkan delapan kandidat calon gubernur DKI, dari delapan orang, tiga orang di antaranya belum menyatakan bersedia untuk menjadi kandidat cagub.

Dari tiga orang itu adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Syamsuddin, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

“Dua calon, Pak Sjafrie bilang mau meneruskan S3. Kemudian Saefullah beralasan karena PNS, jadi enggak bisa maju,” ucap Syarif Ketua Tim Penjaringan Cagub DKI Partai Gerindra di Kantor DPC Partai Gerindra Jakarta Utara, Jalan Tenggiri, Sabtu (6/2/2016).

[BACA JUGA: Relawan Jokowi Sebut Adian Napitupulu Pengkhianat, Ada Apa Nih?]

Baca juga:  Saya Takut Prabowo Menjadi Presiden

Kandidat ketiga yang disebut Syarif adalah Ridwan Kamil. Syarif mengatakan, sampai saat ini, Ridwan Kamil belum tegas mengatakan akan maju atau tidak menjadi kandidat cagub DKI dari Partai Gerindra.

Bahkan Syarif pun memberikan ultimatum kepada Ridwan Kamil untuk segera menentukan pilihan sampai batas waktu 20 April.

“Ridwan Kamil harus segera deklarasi sebelum 20 April. Kenapa? Karena partai ini kan ada mekanismenya. Semoga sebelum 20 April dia akan menjawab pertanyaan Gerindra, apakah mau atau tidak,” tegas Syarif.

“Partai Gerindra tidak bisa berlama-lama menunggu Ridwan Kamil. Mekanisme penjaringan harus tetap dilaksanakan jika Ridwan Kamil menyatakan siap maju sebagai kandidat cagub,” pungkasnya.

Baca juga:  Fadli Zon Selfie Ria dengan Wanita Pendukung Kampanye Donald Trump

Ridwan Kamil sendiri saat ini memang masih bingung dalam menentukan pilihannya. Kebingungannya tampak ketika dia hadir dalam acara hari jadi Gerindra ke-8 di DPC Gerindra Kota Bandung, Jalan Kliningan, Sabtu (6/2/2016).

Di acara tersebut, salah seorang kader Partai Gerindra bertanya soal rencana Ridwan Kamil melaju di Pilkada DKI Jakarta.

“Menjawab pertanyaan tadi, saya saat ini sedang istikharah,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.