Ini Dia Daftar Perusahaan Dikabarkan Bakal Pecat Karyawan sampai Maret 2016

Foto: Liputan6
Foto: Liputan6

Konfederesi Serikat Pekerja Indonesa (KSPI) bakal akan ada demo aksi besar-besaran di depan Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) pada besok, 6 Februari 2016. kurang lebih 20 ribu buruh akan datang merapat dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) dan Kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Said Iqbal  Presiden KSPI/FSPMI mengatakan, aksi tersebut tidak hanya dilakukan 20 ribu di Jabodetabek, tetapi juga serentak dilakukan di 12 kota besar di Indonesia.

Adapun tuntutan kali ini untuk meminta untuk menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK) jilid II. Sebab, tercatat akan ada 13 perusahaan yang akan melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016.

Baca Juga
– Ini Cara Ahok Usir Rakyat Miskin dan Tempatkan Warga Keturunan Tionghoa di Jakarta
– Terbongkar, Kebohongan Ahok di Pengadilan

“Pada 6 Februari nanti, 20 ribu buruh se-Jabodetabek akan beraksi di Istana dan MA. Serentak juga di kota-kota besar Indonesia sebanyak 12 Provinsi,” ucap Said Iqbal seperti kami kutip dari liputan6.com, Jumat(5/2/2016).

Lalu, Tuntutan kedua, lanjut Iqbal, buruh meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) 78 Tahun 2015. Pasalnya, kebijakan tersebut dianggap menerapkan formula upah murah.

Dia juga meminta pemerintah untuk berunding mengenai masalah upah. Menurut dia, kebijakan upah saat ini melanggar ketentuan karena tidak melibatkan buruh.

“Yang ketiga kembalikan hak berunding buruh dalam perhitungan dan penetapan upah minimum. Karena ini sudah melanggar konvensi organisasi buruh sedunia,” tutupnya.

Berikut adalah daftar nama-nama perusahaan yang akan segera melakukan PHK pada Januari sampai Maret 2016:

1. Panasonic
2. Toshiba
3. Shamoin
4. Starlink
5. Jaba Garmindo
6. Yamaha
7. Astra Honda Motor
8. Hino
9. Astra Komponen
10. AWP
11. Aishin
12. Musashi
13. Sunstar