Innalillahi, Si Manusia Akar ‘Dede Koswara’ Meninggal Dunia

(VIVA.co.id/telegraph.co.uk)
(VIVA.co.id/telegraph.co.uk)

Manusia Akar atau Dede Koswara meninggal dunia di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pada Sabtu, 30 Januari 2015. Dede meninggal dunia di usia 46 tahun

Rudy Wisaksana Tim Infeksi Khusus RSHS mengatakan kondisi kesehatan Dede terus menurun sejak kembali dirawat pada Kamis, 28 Januari 2016.
“Berdasarkan penuturan keluarga, Pak Dede tidur terus. Mereka kemudian membawa ke RSUD Cililin dan dirujuk ke RSHS,” ucapnya kepada wartawan.

Dede sejak mengikuti perawatan, kondisi Dede semakin menurun. Hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 03.30 WIB dini hari ucap Rudy.

Baca juga:  Pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad Dimulai

Meninggalnya Dede akibat menurunnya kesehatan yang disebabkan oleh gangguan multi organ. “Sejak mendapatkan perawatan di RSHS pada 2007 silam, ginjal, paru-paru, dan hati Dede memang sudah bermasalah,” jelas Rudy.

“Dan sejak kembali dirawat di sini pada September 2015 lalu, kondisi hatinya sudah semakin memburuk,” lanjut Rudy.

Sebelumnya Dede mendapatkan perawatan di RSHS untuk mengangkat kutil di tubuhnya. Dia juga sempat menjalani tiga kali operasi ringan pengangkatan kutil dan tanduk di kedua tangan dan kaki Dede sebelum meninggal.

Dede diperbolehkan pulang setelah penanganan tangan kiri, kanan, dan kedua kakinya sudah selesai pada Desember 2015 lalu. Namun, sayangnya setelah itu kondisi kesehatan Dede malah terus menurun hingga keluarga kembali membawanya ke rumah sakit dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Baca juga:  10 Ribu Paket Bantuan Presiden di Jayapura Sudah Tersalurkan

Dede Koswara langsung dimakamkan sekira pukul 11.00 WIB di pemakaman umum di wilayah Cililin, Kabupaten Bandung Barat.