Setelah Menteri Jonan ‘Telanjangi’ Presiden, Menkeu Ungkap Kebohongan Jokowi Soal Investor China

Joko Widodo atau Jokowi (IST)
Joko Widodo atau Jokowi (IST)

Menteri Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro yang mengatakan, investasi China tidak sesuai menandakan ia sedang membongkar kebohongan Presiden Jokowi.

“Kalau sampai Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan investasi China tidak sesuai dan masih rendah dengan Jepang, menandakan ia membongkar kebohongan Presiden Jokowi,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Rabu (27/1).

Kata Muslim, selama ini, Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan selalu mengatakan, China telah menginvestikan di Indonesia dalam jumlah besar. “Tetapi dengan pernyataan Menkeu ini membuktikan Jokowi hanya pandai retorika dan menindakbobokan rakyat dengan gaya populisnya tetapi penuh tipu daya,” papar Muslim.

Muslim meminta rakyat agar lebih jeli melihat ekonomi Indonesia di era Presiden Jokowi. “Rakyat jangan terpengaruh gaya merakyat Jokowi, tetapi banyak kebijakan yang tidak pro rakyat,” jelas Muslim.

Sebelumnya Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menyebutkan, realisasi foreign direct investment (FDI) dari China ke Indonesia relatif masih rendah dibanding negara lain, seperti Jepang.

Justru selama ini, China kebanyakan ngomong komitmen tapi realisasi untuk mengucurkan investasinya sangat rendah. Masih kalah dibanding negara seperti Jepang, Taiwan, Singapura, atau Amerika Serikat (AS).

“Dari 100 persen komitmen, hanya 10 persen yang terealisasi. Jadi keinginan mereka untuk berinvestasi di sini sangat rendah. Hanya banyak komitmen, tapi realisasinys masih sedikit,” tandas Menkeu di Jakarta, Rabu (27/1).

Baca juga:  Ki Gendeng: Khianati Guru Honorer, Jokowi di Doakan yang Mengerikan