Ini Indikasi AS di Balik Teror Sarinah

Ledakan di dekat Sarinah (IST)
Ledakan di dekat Sarinah (IST)

Pihak Amerika Serikat (AS) mengirimkan pesan elektronik pada jam 06.51 (14/1) sebelum terjadi aksi teror di kawasan Thamrin dengan melarang warganya untuk berada di kawasan Sekitar Hotel Sari Pan Pacific dan Sarinah Plaza di Jalan Sudirman Thamrin menandakan negara itu tahu akan terjadi ledakan granat di kawasan tersebut.

“Kalau benar itu pesan elektronik dari Kedutaan AS untuk warganya sebelum terjadinya teror Thamrin, menandakan AS tahu dan diduga kuat justru pemainnya AS sendiri,” kata peneliti peneliti Democracy for Freedom and Justice (DFJ) Muhammad Salafuddin dalam pernyataan kepada suaranasional, Kamis (14/1).

Kata Salafuddin, AS sangat cerdik dalam memainkan isu terorisme. “Buktinya yang menjadi korban bukan warga AS tetapi warga negara Belanda,” ungkap Salafuddin.

Menurut Salafuddin, nampak sekali pelaku teror di Thamrin sangat terlatih dan ada yang menggunakan jelana jeans. “Selama ini teroris selalu pakai celana bahan dan kejadian di Thamrin menggunakan jeans, dan sangat terlatih. Jeans itu identik gaya hidup ala AS,” ungkap Salafuddin.

Kata Salafuddin, AS bisa juga memanfaatkan orang ketiga dengan menyusupkan orang-orang yang punya semangat untuk melakukan teror di Indonesia. “Operasi provokator itu hal biasa untuk memunculkan aksi teror,” ujar Salafuddin.

Sebelumnya Kedutaan besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta sekitar pukul 06.51 sudah memperingatkan agar warga AS tidak melintas atau melakukan aktivitas di sekitar Hotel Sari Pan Pacific dan Plaza Sarinah di kawasan jalan MH Thamrin, Jakarta.

Informasi tersebut di dapat setelah beredarnya sebuah pesan elektronik di kalangan awak media dikirim oleh jakartaacs@state.gov yang diduga berasal dari Kedubes AS di Jakarta.

Berikut bunyi surat imbauan tersebut:

Pesan darurat untuk Warga Negara Amerika: Hindari Area Sekitar Hotel Sari Pan Pacific dan Sarinah Plaza di Jalan Sudirman Thamrin, Jakarta

Dikirim hari ini pada pukul 06.51

Pesan darurat untuk Warga Negara Amerika: Hindari Area Sekitar Hotel Sari Pan Pacific dan Sarinah Plaza di Jalan Sudirman Thamrin, Jakarta

14 Januari 2016

Pesan darurat ini disebarkan kepada semua WN Amerika untuk menghindari area sekitar Hotel Sari Pan Pacific dan Sarinah Plaza di Jalan Sudirman Thamrin, Jakarta. Laporan awal menunjukkan ledakan dan tembakan terjadi di tempat umum.