Tanpa Masker Jokowi Masuki Lahan Kebakaran Hutan

Foto: Biro Pers Istana
Foto: Biro Pers Istana

Kebakaran hutan di kawasan Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, yang terjadi pada hari Minggu (6/9/2015) kemarin. Membuat Orang nomor satu di negara ini langsung meninjau ke lokasi

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo nampak berjalan-jalan di antara pepohonan yang kering yang tersengat panas api kebakaran. Dia mengenakan kemeja khasnya, warna putih dengan lengan digulung. Dia juga mengenakan helm putih dan tidak memakai masker.

Sedangkan Badrodin mengenakan masker meski tak dikenakan sempurna melindungi hidungnya. Kondisi udara masih terlihat cukup berasap. Namun Jokowi tetap saja tak mengenakan masker. Sesekali dia berbincang dengan Badrodin dan Gatot.

Baca juga:  Jokowi Kecewa ke Raja Salman, Ini Kata Dosen Lembaga Pendidikan Arab Saudi LIPIA

Usai melihat-lihat lahan bekas kebakaran, Jokowi langsung di kerubuti oleh para wartawan. Badrodin dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimoeljono sudah mengalungkan masker. Teramati, para wartawan yang rata-rata masih tergolong muda itu juga mengenakan masker.

Tetapi Jokowi belum juga mengenakan maskernya. Agaknya, asap kebakaran tak menghalanginya untuk tetap memastikan kondisi di lapangan.

Jokowi menjelaskan, saat ini sudah terjadi penurunan titik api yang semula 321 kini menjadi 129. Semula kawasan yang terbakar seluas 8.000 ha, kini berkurang 1.000 ha. Namun menurutnya hal itu tetaplah mengganggu.

Baca juga:  Didapati Miras dan Kondom, Saat Polres Kudus Razia Kafe

“Saya tidak ingin lagi bicara masalah penyebabnya apa, solusinya apa. Semuanya sudah tahu apa yang harus dilakukan,” papar Jokowi.

Jokowi meminta agar semua aparat terkait segera menyelesaikan pemadaman api. Kemudian dilakukan pengusutan terkait kebakaran hutan tersebut apakah itu karena kelalaian ataupun dilakukan secara sengaja.