Digilas Vietnam 0-5, Sepakbola Indonesia Amburadul

 

Fernando Randy/BOLA
Fernando Randy/BOLA

Indonesia kembali harus malu, karena menelan kekalahan telak 0-5 dari Vietnam dalam laga perebutan tempat ketiga sepakbola SEA Games 2015. Alhasil meraih perunggu terkubur cuma mimpi.

Pertandingan yang dihelat di National Stadium, Kallang, Senin (15/6/2015) siang WIB, Indonesia berharap meraih angka penuh untuk setidaknya pulang dengan medali perunggu. Timnas U-23 mencoba memainkan bola saat laga dimulai, namun kesulitan karena Vietnam langsung menerapkan tekanan.

Jalannya Pertandingan

Pada menit ke-12 gol tercipta, tapi sayangnya gol tercipta dari Vietnam. Hansamu Yama melakukan handball di dalam kotak pinalti dan berbuah tendangan penalti. Hong Quan berhasil mengeksekusi dan berhasil membuat Vietnam unggul 1-0.

Menang 1-0 Vietnam justru makin terus menekan. Hasilnya di menit ke-20, mereka berhasil menambah gol tambahan melalui Huy Toan Vo.

Baca juga:  Prediksi Swedia vs Swiss

Peluang bagus datang melalui Muchlis Hadi dalam skema serangan balik. Tapi sepakan eks penggawa timnas U-19 itu melebar di sisi kiri gawang.

Sebaliknya pada menit ke-40 timnas U-23 kembali mengambil bola dari gawang. Skema yang hampir serupa dengan gol sebelumnya, Toan Vo kali ini melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang tak bisa dihentikan oleh Teguh. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 3-0 untuk Vietnam.

Vietnam menambah satu gol lain melalui Nguyen Huu Dung. Huu Dung dengan cerdik berlari di antara dua bek Indonesia, lalu menyambut umpan terobosan lambung dengan sepakan first time ke dalam gawang Teguh.

Memasuki  babak kedua, Indonesia sempat melakukan tekanan melalui sepakan jarak jauh Adam Alis. Namun tendangannya masih melebar jauh ke kanan gawang.

Vietnam lagi-lagi berhasil menambah gol di menit ke-70 melalui Ngoc Hai Que. Berawal dari sepak pojok, Hai Que berhasil membelokkan sebuah sepakan rekannya.

Baca juga:  Prediksi Timnas U-16 vs Australia

Di sisa waktu akhir pertandingan tidak ada tambahan gol, Indonesia pun kalah telak 0-5. Dengan demikian, Vietnam berhak mendapatkan medali perunggul sepakbola SEA Games 2015.

Susunan pemain:

Vietnam: 27 Phi Minh Long; 3 Pham Manh Hung, 6 Nguyen Minh Tung, 15 Que Ngoc Hai, 22 Nguyen Thanh Hien; 2 Nguyen Huu Dung, 11 Do Duy Manh, 25 Vo Huy Toan; 10 Nguyen Cong Phuong, 17 Mac Hong Quan, 20 Tran Phi Son

Indonesia Amiruddin; 1 Teguh Amiruddin; 3 Abduh Lestaluhu, 5 Zalnando, 13 Manahati Lestusen, 15 Agung Prasetyo, 16 Hansamu Yama; 7 Ahmad Nufiandani, 10 Wawan Pebriyanto, 18 Adam Alis, 19 Zulfiandi; 9 Muchlis Hadi