by

Prediksi Evan Dimas Cs Lawan Thailand U-23

Evan Dimas (kiri) (ANTARA)
Evan Dimas (kiri) (ANTARA)

Timnas U-23 diposisikan sebagai underdog kala bertemu Thailand pada semifinal SEA Games 2015 di Stadional Nasional, Singapura, Sabtu (13/6) malam. Media Singapura juga cenderung menjagokan Thailand yang dinilai ‘’punya reputasi” sebagai raksasa sepak bola di Asia Tenggara beberapa dasawarsa terakhir.

Namun, ‘’Garuda Muda” tidak boleh minder. Percaya diri, disiplin, dan berusaha tampil maksimal harus dipertontonkan lagi jika ingin menekuk Thailand. Menilik lawan yang terbilang lebih berat, skuad Aji Santoso harus tampil melebihi laga sebelumnya saat menekuk Kamboja (6-1), Filipina (2-0), serta membungkam Singapura (1-0). Kekalahan 2-4 pada laga perdana di Grup A juga masih bisa menjadi acuan evaluasi meski selanjutnya performa Timnas U-23 terus menanjak.

‘’Thailand memang layak difavoritkan. Reputasi mereka juga jauh lebih bagus dibanding kita. Tapi, kalau semua pemain mau tampil fight dan maksimal, munculnya kejutan bukan hal mustahil,” kata pengamat sepak bola Tommy Welly, Jumat (12/6).

Thailand setahun terakhir mempersiapkan matang skuadnya untuk SEA Games 2015 ini. Di sisi lain, tim ‘’Negeri Gajah Putih” juga tidak mau menilai Indonesia sebagai lawan enteng. Kapten Thailand Sarach Yooyen mengaku lebih memilih berhadapan dengan tuan rumah Singapura di semifinal ketimbang Indonesia. The Young War Elephants, julukan Timnas Thailand, lebih suka jumpa Indonesia di final sebagaimana dikatakan rekan setim Sarach, Narubadin Weerawatnodom.

Baca juga:  Heboh, Isi Pesan Ridwan Kamil buat Final Piala presiden

‘’Kami harus menampilkan karakter Thailand yang telah terbentuk setahun terakhir. Apalagi tim ini sudah bersama setahun lebih. Saat ini kami tidak sedikitpun tertekan,” kata Yooyen dikutip Channel News Asia, Jumat.

Mantan kiper timnas Kurnia Sandy meminta lini belakang Indonesia, termasuk kiper Teguh Amirudin, tetap fokus dan tampil tenang meski lini depan Thailand sejauh ini tergolong ‘’mengerikan”. Mereka dikenal haus gol. Pada lima laga babak penyisihan Grup B yang akhirnya dijuarai, mereka mencetak 16 gol.

Fokus. Hanya itu yang sebaiknya ditunjukkan skuad Aji Santoso meski masa recovery tergolong singkat usai menekuk Singapura 1-0 pada Kamis (11/6) malam. Thailand lebih beruntung karena memiliki masa recovery lebih panjang setelah membekap Vietnam (yang tampil sebagai runner-up Grup B dan jumpa juara Grup A Myanmar di semifinal) 3-1 pada Rabu (10/6) malam.

‘’Kita berharap barisan belakang, termasuk kiper Teguh Amirudin, bisa tampil tenang. Penampilan Thailand sangat berbahaya selama penyisihan grup,” ujar Kurnia.

Pelatih Timnas U-23 Aji Santoso memastikan akan memperkuat defense (pertahanan) saat melawan Thailand. ‘’Jeda recovery terbatas. Banyak hal harus kami persiapkan, terutama pertahanan yang harus diperkuat. Namun, saya yakin jika anak-anak mampu bermain baik, apa pun bisa terjadi di semifinal nanti,” ujar Aji.

Baca juga:  Hore, Singapura Keok Lawan Timnas U-23, Indonesia ke Semifinal

Meski memperkuat pertahanan, Aji mengatakan tidak akan menerapkan strategi ‘’memarkir bus” alias bertahan total. Pilihan bertahan total diyakini justru akan menyulitkan timnya. ‘’Saya tidak terlalu suka bermain defensif, hanya kuatkan defense,” kata Aji.

Tekad tampil terbaik juga diungkapkan Evan Dimas. Ia dan rekan-rekannya siap menunjukkan penampilan terbaik guna meraih tiket menuju final. ‘’Thailand tim yang sangat kuat, pasti sulit menghadapi mereka. Kami akan menatap ke depan dan berusaha tampil dengan baik pada laga nanti,” ucapnya.

PRAKIRAAN PEMAIN

THAILAND (4-2-3-1): 1-Sae-ear; 19-Do Tristan, 2-Notechaiya, 5-Prompak, 8-Daosawang; 7-Puangjan, 11-Inpinit; 14-Parmpak, 18-Songkrasin, 24-Chakkuprasart; 23-Pombubpha

Cadangan: 20-Yos Somporn, 3-Suriya Singmui, 4-Chaowat Veerachart, 17-Tanaboon Kesarat, 6-Sarach Yooyen, 12-Nurul Sriyankem, 13-Narubadin Weerawatnodom, 22- Chenrop Samphaodi, 29-Rungat Phumichantuk
Pelatih: Choketawee Promput

INDONESIA (4-2-3-1): 1-Teguh; 4-Saiful, 16-Hansamu, 13-Manahati, 2-Vava; 18-Adam, 19-Zulfiandi; 7-Nufiandani, 6-Evan, 17-Paulo; 9-Muchlis

Cadangan: 11-M Natsir, 5-Zalnando, 8-M Hargianto, 10-Wawan Pebrianto, 11-Yandi Sofyan Munawar, 20-Ilham Udin Armaiyn. Pelatih: Aji Santoso

VENUE: National Stadium, Singapura

KICKOFF: Sabtu (13/6), Pukul 18.30 WIB

loading...

Loading...

News Feed