by

China Bikin Pabrik Mobil di Cikarang, Bukti Jokowi Lupakan Esemka

Foto: DetikFinance
Foto: DetikOto

Era kepemimpinan Presiden Joko Widodo kembali membuat gebrakan terbaru dengan akan dibuatnya pabrik Mobil asal China. Seperti kita ketahui saat ini pabrikan mobil di Indonesia didominasi Jepang, Korea Selatan, dan Eropa.

Namun pada tahun 2017 nanti, pabrik mobil asal China, yaitu Wuling, akan mulai berproduksi di Indonesia. Ini adalah pertama dalam sejarah industri otomotif Indonesia.

Hal itu dikemukakan oleh Saleh Husin Menteri Perindustrian  seperti kami lansir dari detikFinance, Kamis (21/5/2015).

“Ini pertama dalam sejarah, yang mobil. Kalau motor (dari China) kan sempat ada,” ucap Saleh.

Baca juga:  Saleh Husin Janji Dukung Mobil Esemka yang telah dilupakan

Melalui perusahaan joint venture bernama SAIC-GM-Wuling, Wuling sudah menentukan lokasi pabriknya di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Saleh membeberkan, perusahaan sudah membeli lahan seluas 60 hektar dengan investasi yang cukup besar.

“Sekitar US$ 700 juta, atau Rp 8 triliun,” lanjutnya.

“Wuling di negara asalnya telah memproduksi 5 juta unit mobil yang juga diekspor. Perusahaan tersebut di Indonesia akan memproduksi mobil multi purpose vehicle (MPV), yang siap bersaing dengan merek-merek Jepang yang sudah merajai di tanah air”, kata Saleh

“Di sini kami mendorong agar mereka bermitra dengan mitra lokal, agar ada alih teknologi dan kebersamaan. Pasarnya tidak hanya untuk domestik tapi juga untuk ekspor?,” imbuhnya

Baca juga:  KH Ma'ruf Akui di Sumbar Masih Banyak Buta Baca Al Quran

Saleh juga menegaskan agar nantinya mobil yang diproduksi tersebut mengedepankan bahan baku lokal yakni komponen dalam negeri.

“Itu harus benar-benar diperhatikan betul, seperti LCGC,” tutupnya.

Untuk harga dari Mobil tersebut belum kami ketahui akan di banderol berapa, kita tunggu saja.

loading...

Loading...

News Feed