Petani Sesalkan Sikap Pak Jokowi yang belum bagikan Traktor

Jokowi bagi-bagi traktor ke petani Subang. ©Setpres RI/Edi
Jokowi bagi-bagi traktor ke petani Subang. ©Setpres RI/Edi

Bantuan traktor yang akan diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sejumlah wilayah hingga sampai saat ini masih mangkrak alias terhenti dan belum didistribusikan ke petanim padahal di Kabupaten Sukoharjo, 31 Januari lalu ratusan traktor dan peralatan pertanian dibagikan secara simbolis untuk petani.

Sama halnya di Wonogiri, di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Solo itu, 17 unit traktor tangan bantuan Pak Jokowi juga masih mangkrak. Padahal para petani ingin segera memanfaatkan peralatan bertani itu secepatnya.

Baca juga:  Gila, Demi Kekayaan Ibu Kandung Paksa Anaknya Jadi Nafsu Bejat Ayah Tiri

“Alat menanam padi dan alat pemanen berjumlah 17 unit saat ini masih tersimpan di gudang milik Dinas Pertanian setempat. Pemerintah setempat berdalih akan membagikan kepada petani pada pertengahan bulan April mendatang”, seperti yang kami kutip dari merdeka.com

“Kami baru akan bagikan setelah semua genap, saat ini kan baru turun 17, dan rencananya akan ditambah 62 pada APBNP, tapi nanti tetap kita bagikan pertengahan April mendatang,” ucap Netty Harjianti, Kepala Dinas Pertanian  kepada wartawan, Sukoharjo, Kamis (19/3).

Netty juga menjelaskan, bahwa pihaknya akan mendistribusikan kepada kelompok tani yang belum banyak memiliki traktor seluruh wilayah pertanian Sukoharjo. “Mereka harus mengajukan proposal permohonan bantuan dulu,” jelasnya

Baca juga:  Sebut Habib Rizieq Bukan Cucu Nabi, Pria Ini Minta Maaf di Depan FPI

Menurut Netty, di Kabupaten Sukoharjo terdapat 632 kelompok tani. Sedangkan jumlah bantuan traktor direncanakan total berjumlah 78 unit. Sehingga bantuan akan diberikan kepada 78 kelompok tani paling membutuhkan.

Tidak hanya 17 traktor, selain itu pemerintah juga akan memberikan bantuan tranplanter 1 unit, pompa air 5 unit kepada petani.

Semoga cepat terealisasi ya.