Skenario Gus Yaqut Rebut Ketum PKB dari Cak Imin

Saat ini ada skenario Yaqut Cholil Qaumas (Gus Yaqut) merebut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Kalau saya baca PBNU mempersiapkan pansus untuk mengembalikan PKB ke NU. Berarti ada upaya elite PBNU merebut Ketum PKB dari Cak Imin. Dan kelihatannya yang sudah dipersiapkan itu Gus Yaqut,” kata pengamat politik Muhammad Huda kepada redaksi www.suaranasional.com, Jumat (26/7/2024).

Menurut Huda, hubungan kurang harmonis PKB dengan PBNU kelanjutan dari Muktamar NU di Lampung. “Saat itu Kiai Said yang didukung Cak Imin kalah dengan KH Yahya Staquf. Imbasnya pemimpin PBNU melakukan ‘pembersihan’ terhadap orang-orangnya Cak Imin termasuk di tingkatan wilayah dan cabang,” tegas Huda.

Huda mengatakan, PBNU menganggap Cak Imin harus disingkirkan karena dianggap memanfaatkan NU untuk kepentingan politiknya. “Namun elite PBNU juga bermain politik untuk kepentingan kelompoknya. Ini yang membuat Cak Imin dianggap tidak bisa mengikuti arahan politik PBNU,” ungkapnya.

Kata Huda, elite PBNU menginginkan Gus Yaqut agar politiknya seirama karena kakak dari Menteri Agama itu Ketum PBNU. “Intinya kakak beradik ini ingin bermain politik dan bisa membawa NU atas selera keduanya,” tegasnya.

Huda mengatakan, PKB di bawah Cak Imin sangat solid dan telah menunjukkan kontribusinya untuk NU. “Semua pengurus dari pusat sampai ranting sangat solid mendukung Cak Imin sehingga upaya PBNU mendongkel mantan Menteri Tenaga Kerja itu akan sia-sia,” pungkasnya.