CDB Buka Kantor Cabang, Upaya Kolonialisasi China di Indonesia

China Development Bank (CDB)
China Development Bank (CDB)

Kolonialisasi China di Indonesia makin nyata dengan rencana China Development Bank (CDB) membuka kantor perwakilan di wilayah RI.

Demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Senin (21/8). “China mencengkeraman Indonesia melalui ekonomi,” ungkap Muslim.

Kata Muslim, keberadaan CDB bagian bentuk neokolonialisme China di Indonesia. “Penjajahan tidak perlu mengirimkan tentara, sektor ekonomi dan finansial China sudah bisa menguasai Indonesia melalui CDB,” jelas Muslim.

Muslim mengatakan, jargon ‘Saya Indonesia  dan Saya Pancasila’ hanya omong kosong ketika membiarkan CDB membuka cabang di Indonesia.

“Jargon ‘Saya Indonesia Saya Pancasila hanya seremonial saja tetapi mereka tidak punya jiwa Pancasila sejati ketika ada bentuk penjajahan baru di Indonesia,” ungkap Muslim.

Muslim mengatakan, era Rezim Jokowi, China makin mencengkeram bangsa Indonesia. “Harusnya Indonesia punya kedaulatan dan tidak perlu bantuan dari China,” pungkas Muslim.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

CDB adalah lembaga keuangan yang memfasilitasi pinjaman China untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Ya tadi (pertemuan) dengan Otoritas Jasa Keuangan menyangkut masalah CDB akan buka kantor di sini,” ujarnya di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (18/8) setelah pertemuan dengan Ketua OJK Wimboh Santoso.