Wow, Jaksa Agung Siap Ladeni Tantangan Yusril

Jaksa Agung HM Prasetyo (IST)
Jaksa Agung HM Prasetyo (IST)

Jaksa Agung M Prasetyo angkat bicara terkait pernyataan kuasa hukum Hizbut Tahri Indonesia (HTI) Yusril Ihza Mahendra yang mengaku optimis bisa mengalahkan pemerintah di pengadilan.

“Ya biar saja. Kita lihat saja nanti seperti apa. Masing- masing punya pandangan dan pendapat,” ujar Prasetyo kepada wartawan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Menurut mantan politisi Nasdem itu, pemerintah tidak akan mengubah sikapnya terkait rencana pembubaran HTI.

Baca juga:  Sebut Tuntutan 2 Tahun Buni Yani Terkait Ahok, Pengamat: Jaksa Agung Terkesan Alat Taipan

Prasetyo menambahkan ada beberapa opsi yang masih dikaji oleh pemerintah sampai saat ini. Beberapa pilihan itu diantaranya, pemerintah akan mengajukan permohonan pembubaran HTI kepada pengadilan. Opsi lain, Presiden akan mengeluarkan Keputusan Presiden untuk membubarkan HTI.

Sementara wacana dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang pembubaran ormas juga sempat dilontarkan pemerintah sebagai salah satu opsi untuk membubarkan HTI.

“Itu opsi-opsi yang masih dikaji. Kalau melalui pengadilan seperti apa? Kalau Keppres seperti apa? Kalau Perppu seperti apa. Yang penting ini demi kepentingan bangsa. Kita lihat saja nanti seperti apa. Masing-masing punya pandangan dan pendapat,” demikian Prasetyo. (RMOL)

Baca juga:  Takut Kepleset Omong, Kepala BPIP 'Puasa Bicara' Satu Tahun