Hati-hati Jika Mata Anda Kena Bara Api Rokok Bisa Infeksi Kornea Hingga Buta

hebat-abu-rokok-pun-bisa-murnikan-air
Ilustrasi – ist

Status Baru-baru ini dihalaman Facebook milik Rendhy Maulana menjadi viral setelah ia mengisahkan ketika mata kanannya iritasi akibat terkena bara rokok. Tak main-main, bara api tersebut diakibatkan oleh pemotor yang merokok di jalan.

“Terimakasih buat pengendara motor yg hobi ngerokok sambil bawa motor. bara api rokok lo bikin orang bahaya,” ketik Rendhy menyindir dalam sebuah postingan yang sudah dishare lebih dari tiga ribu kali tersebut.

Rendhy Maulana
Rendhy Maulana

Dokter spesialis mata dari Eka Hospital Pekanbaru, dr Surya Utama, SpM menyebutkan paparan bara api rokok terhadap mata memang bisa menimbulkan berbagai macam efek. Ini bergantung pada seberapa luas dan dalam kerusakan akibat paparan bara yang mengenai kornea mata seperti kami kutip dari laman detikHealth.

“Efek mata terkena bara api rokok dapat menimbulkan kerusakan kornea mata yang disebut sebagai trauma thermis. Kondisi ini bisa berupa derajat yang ringan berupa pandangan mata kabur dan merah, hingga derajat berat berupa kebutaan,” papar dr Surya.

Derajat kerusakan pada kornea bergantung pada kedalaman luka pada kornea tersebut. Sebab seperti diketahui selain dari efek panas bara api, juga perlu diperhatikan efek kecepatan dari bara api tersebut, terutama jika dari pengendara yang naik sepeda motor.

Selain pada bola mata secara langsung, dr Surya menjelaskan bahwa efek dari paparan bara rokok juga bisa melukai kulit kelopak mata. Efek yang muncul yakni luka bakar.

Pada kasus yang dialami oleh Rendhy, ia menceritakan akibat dari paparan bara api rokok ini mata sebelah kanannya mengalami iritasi parah. Ia bahkan menjadi kesulitan untuk melihat. Pemeriksaan dokter menemukan ada bekas abu rokok pada mata Rendhy. Matanya mengalami iritasi parah namun masih bisa pulih.