Ahoker Sebut Saudara Ahok Cium Kening Raja Salman

Syekh Hussain Yee mencium kening Raja Salman (IST)
Syekh Hussain Yee mencium kening Raja Salman (IST)

Para pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang biasa disebut Ahoker menyebarkan berita tidak benar terkait seorang pria Malaysia berjenggot yang mencium kening Raja Salman.

Berdasarkan pantauan suaranasional di media sosial, beberapa akun Ahoker menyebutkan pria yang mencium Raja Salman masih saudara dengan mantan Bupati Belitung.

Ada juga yang mengatakan, Raja Salman mau bertemu Ahok setelah dicium kening saudaranya Ahok di Malaysia.

Akun-akun Ahoker menyebarkan berita bohong seolah-olah pria jenggot yang mencium kening Raja Salman itu masih saudara dengan terdakwa penista agama.

Memang, pria tua berjenggot itu seorang keturunan tionghoa yang sudah lama beragama Islam. Di Malaysia sendiri, pria bernama Syekh Hussain Yee, seorang ulama.

Ia yang sebelumnya memeluk Buddha menjadi mualaf di usia 18 tahun pada tahun 1968.

Syekh Lee memiliki hubungan erat yang panjang dengan Arab Saudi, setelah menuntut ilmu di University of Madinah, mengambil jurusan Ilmu Hadits.

Syekh Lee juga pendiri dan presiden dari organisasi Al-Khaadem. Ia juga penasihat bagi kantor mubaligh Malaysia, PERKIM fokus untuk membimbing para mualaf.

Ulama berusia 67 tahun itu pernah menjabat sebagai direktur Da’wah for the Islamic Center in Hong Kong dari tahun 1984 hingga 1985.

Foto pertemuan dengan Raja Salman juga diposting dalam akun Facebook Shaykh Hussain Yee.

“Kita berkumpul di sini untuk membantu, memperkuat, dan mendukung negara Islam (Malaysia) yang mendukung dan melindungi ajaran Islam,” demikian kutipan pidato Raja Salman yang diposting dalam lama Facebook tersebut.