Jubir Era Presiden Gus Dur Nilai Polri Sangat Lebay Lindungi Jokowi

Adhie Massardi (IST)
Adhie Massardi (IST)

Sikap polri sudah melampui batas dan berlebihan dalam melindungi Presdiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga orang-orang yang mengkritik mantan wali Kota Solo mendapat status tersangka dan dituding makar.

“Tindakan Polri dalam melindungi pemerintahan Joko Widodo sudah melampaui batas sehingga bukannya menjaga dan meningkatkan kewibawaan pemerintahan,” kata Juru Bicara Era Presiden KH Abdurrahman wahid (Gus Dur) Adhie Massardi, Selasa (10/1) dikutip dari Tribunnews.

Kata Adhie, cara yang ditempuh Polri tersebut bisa menunjukkan pemerintahan Jokowi sangat rapuh. “Dan yang lebih penting, tidak mengesankan pemerintahan ini rapuh,” ungkapnya.

Dengan sedikit-sedikit menggunakan instrumen hukum di tangan aparat, lanjut Adhie membuat investor justru meragukan stabilitas politik di Indonesia dan hal ini bisa membenarkan asumsi yang dibangun JP Morgan yang dalam risetnya menyebut Indonesia turun dua peringkat sebagai negara tujuan investasi.

“Padahal kita tahu, Menteri Keuangan sudah mengingatkan bahwa JP Morgan salah, dan untuk itu pemerintah kemudian memutus kontrak kerjasama dengan lembaga keuangan internasional itu. Terlebih memasuki kuartal pertama di awal tahun, guna mengantisipasi guncangan ekonomi domestik dan internasional, pemerintah perlu melakukan konsolidasi (penguatan) politik,” pungkas Adhie.