17,9 Juta Kartu Indonesia Pintar Sudah Didistribusikan Oleh Mendikbud

Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy – Ist

Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memastikan distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) sudah seluruhnya dilakukan. Total ada 17,9 juta KIP yang didistribusikan sesuai dengan target perencanaan.

“Program prioritas untuk KIP 2016 yang bisa direalisasikan dari target 17.927.308 anak terealisasi 17.927.308 anak,” ucap Muhadjir dalam paparan refleksi tahun 2016 di kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Selain keberhasilan pencapaian target distribusi KIP, Mendikbud memaparkan realisasi sejumlah program yang dicanangkan. Program tersebut di antaranya pembangunan unit sekolah baru serta ruang kelas baru serta peningkatan kompetensi guru.

Baca juga:  Mendikbud Muhadjir tak Pandai Bahasa Inggris, Ini Buktinya

“Unit sekolah baru ditargetkan 674 unit, terealisasi 617 unit. Untuk ruang kelas baru, target 5.662 ruang, realisasi 5.478 ruang. Peningkatan kompetensi guru target kami 500 ribu guru, realisasinya 811.540 guru,” tambah Muhadjir.

Selain itu, untuk meningkatkan jumlah dan penyebaran guru di seluruh wilayah Indonesia, Muhadjir mengatakan akan melakukan pelatihan serta sertifikasi bagi guru. Dengan begitu, nantinya guru dari lulusan baru universitas dapat segera mengajar.

“Yang itu nanti akan diberi sertifikat. Kita latih dan akan diberi pelatihan. Kalau dulu namanya Akta 4. Kita akan kerjasama dengan memberikan sertifikat. LPTK dari lulusan fresh graduate nanti akan diberikan Akta 4. Misalkan untuk kelautan, bisa saja diarahkan untuk menjadi guru,” tandasnya.

Baca juga:  Kanit Binmas Polsek Kep Seribu Utara Pimpin Razia Masker