Aceh Gempa 6,4 SR, Kepanikan Warga dan Bangunan yang Rusak Parah

Gempa Aceh
Gempa Aceh, Rabu (7/12/2016) – foto: via wa

Gempa bumi 6,4 SR ini terjadi pada pagi ini, Rabu (6/12/2016) pukul 05.03 WIB. Membuat masyarakat berbondong-bondong menyelamatkan diri.

Sejumlah bangunan rusak bahkan roboh setelah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, diguncang gempa bumi 6,4 Skala Richter (SR). Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat berhamburan ke luar rumah dan bangunan Sstelah diguncang gempa bumi untuk berusaha untuk menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang aman dan menuju perbukitan.

Terlihat warga segera memadati jalanan di Pidie Jaya. Ada warga yang berjalan kaki, ada juga yang mengendarai motor dan mobil. Suara klakson kendaraan bersautan memecah keheningan pagi hari.

Sementara itu, sejumlah rumah rusak parah. Tembok-tembok bagunan rumah retak bahkan ada yang roboh. Demikian juga sejumlah fasilitas umum dan sekolah rusak parah. Salah satunya, Sekolah Tinggi Agama Islam Aziziyah, Jamalanga, Kabupaten Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Tembok bercat kuning pada bagunan ini retak-retak.

Tidak hanya itu, masjid-masjid juga mengalami kerusakan. Ada masjid berlantai dua yang mengalami rusak parah. Sebagian bangunannya roboh.

Meski demikian, warga tetap khusyuk menunaikan ibadah salat Subuh di masjid. Bahkan, ada puing-puing bagunan yang roboh masih berserakan di lantai masjid.