Salahkan Sri Mulyani Tentang Tax Amnesty, Jokowi Mau Benarnya Sendiri

Sri Mulyani Indrawati (IST)
Sri Mulyani Indrawati (IST)

Presiden  Joko Widodo (Jokowi) Jokowi mau benarnya sendiri dengan menyalahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait tax amnesty.

“Setelah ada gugatan tax amnesty di MK oleh Muhammadiyah, Jokowi melalui Seskab Pramono Anung baru bersuara dan mempertanyakan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani,” kata pengamat politik Ahmad Yazid kepada suaranasional, Selasa (30/8).

Kata Yazid, tax amnesty itu menyasar semua wajib pajak termasuk rakyat kecil. “Ini nampaknya Jokowi mau cuci tangan saja setelah muncul keresahan dari masyarakat,” ungkap Yazid.

Menurut Yazid, pemerintah Jokowi akan malu jika gugatan Muhammadiyah tentang tax amnesty di MK dikabulkan. “Kalau sampai kalah, Jokowi akan malu dihadapan rakyat. Makanya sebelum malu mengopinikan kesalahan ada di Menteri Keuangan,” jelas Yazid.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menuturkan amnesti pajak adalah fasilitas khusus yang ditujukan bagi para pengemplang pajak yang selama ini menyembunyikan aset. Kebijakan ini tidak seharusnya meresahkan rakyat kecil dan wajib pajak patuh karena sebenarnya bukan mereka sasarannya.

“Bukan yang sudah tertib membayar pajak, malah kemudian dikejar-kejar. Atau juga yang katakanlah asetnya kecil, tetapi karena kealpaan, kelupaan, kemudian mereka sekarang mumpung ada kesempatan dan mereka deklarasikan, ikut tax amnesty, itu yang dikejar-kejar,” ujar Pramono di Istana Negara, Senin (29/8).


1 comment

  1. Uu pajak harus diperbaiki,Kebijakan pajak yg salah,rakyat kecil dan golongan menengah tambah sengsara,orang beli apa2 takut diperiksa uang dapat darimana,lalu didenda yg besar.ini negara bisa kacau.rakyat stress semua.gak berani beli rumah,takut beli mobil,takut taruh uang di bank.takut berdagang, punya uang takut dll.akhirnya rakyat banyak sengsara semua.mestinya npwp pribadi dihapus, untuk rakyat kecil dan menengah.kalau beli apa apa gak usah diperiksa,karena rakyat bukan maling,mereka semua kerja jujur,kumpulin uang sedikit.jangan disiksa dan ditakuti.mestinya untuk rakyat yg berharta 100milyard kebawah diberi pajak final npwp pribadi dihapus.biar gak takut dan stress.

Comments are closed.