Fitur Facebook Terbaru Bisa Beritahu Akun Palsu

IST
IST

Banyak beredar akun palsu di Facebook yang berpura-pura menjadi seseorang, tidak hanya difacebook bahkan banyak ditemukan di media sosial lainnya.

Melihat banyaknya akun palsu beredar di jaringannya, Raksasa jejaring sosial itu kini mempunyai cara mencegahnya.

“Facebook kabarnya sedang menjajal fitur baru yang akan memberitahukan pengguna jika ada seseorang yang meniru akun mereka,” Dikutip Suaranasional dari Tech Times, Jumat (24/3/2016).

Fitur ini akan mendeteksi akun mencurigakan berdasarkan data kemiripan nama dan foto profil. Cara kerjanya pun juga melewati proses review secara manual oleh tim khusus di Facebook.

Baca juga:  Fahira Idris Bongkar tak Tolerannya Facebook

Jika akun terdeteksi, Facebook akan secara otomatis mengirimkan peringatan kepada pengguna yang potensial ditiru oleh akun tersebut. Pengguna yang menerima notifikasi peringatan, kemudian harus mengonfirmasi apakah akun tersebut adalah orang lain yang mirip dengannya.

Facebook sudah menguji fitur ini pada November tahun lalu, dan sudah digunakan secara global sekitar 75%. Fitur ini didesain untuk menciptakan rasa aman, terutama bagi para pengguna wanita yang menjadi sasaran online bullying. Facebook akan memperluas ketersediaan fitur tersebut hingga akhirnya tersedia bagi seluruh pengguna secara global.

Baca juga:  Polytron MUZE Bluetooth Speaker, Desain Mini Suara Menggelegar