Tanggulangi Banjir, Ahok Sebar CCTV

Foto: Ayunda/detikcom
Foto: Ayunda/detikcom

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) mengatakan sampai sejauh ini CCTV sudah dipasang di semua pintu air sungai dan beberapa sudut jalanan.

“Di Manggarai itu kita bisa tahu berapa kali dia (debit sungai) geser. Kita tahu tingginya berapa dan dikasih tahu (harus) buka pintu berapa. Kita bisa lihat posisi pintu (saat ini) akibat kiriman banjir banyak,” kata Ahok sambil menunjukkan pantauan CCTV secara real time melalui ponsel pintarnya kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2015).

Pemprov DKI menargetkan pihaknya bisa memasang 7.000 CCTV di seluruh penjuru Jakarta. Ahok berencana ingin menayangkan kondisi CCTV dalam aplikasi Smart City, namun bandwidth (lebar pita dalam teknologi komunikasi) belum memadai untuk menampilkan keadaan di semua titik secara langsung.

Saat ini yang bisa melihat pantauan langsung CCTV dari ponsel pribadi baru dirinya, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Dinas Tata Air DKI.

“Kalau hujan aku sudah was-was. Sebenarnya di Smart City bisa lihat, tapi bandwidth-nya belum besar. PU kita semua punya ginian. Contoh, (pintu air) Istiqlal bersih karena kita lihatin terus dan bisa dipindah-pindah (arah kameranya). Terus misal pintu air Ancol, pintu air Karet. Ada 23 titik (yang bisa dilihat dari ponsel Ahok),” jelasnya.

Tidak hanya CCTV untuk memantau ketinggian air, Ahok juga menyebar beberapa CCTV untuk memantau kondisi jalan. Namun ada yang membedakan, di mana ketajaman gambar untuk CCTV jalan diharuskan lebih daripada yang dipasang di pintu air.

“CCTV kalau untuk kejahatan harus tajam (gambarnya). Ini kita pasang 7.000 unit tapi sekarang belum terkoneksi sama pak polisi karena bandwidth kita belum cukup. Kita ingin nanti semua warga bisa lihat ke Smart City juga,”lanjut Ahok.

“Sekarang saya minta CCTV lihat di pelat nomor berapa dan jenis mobilnya apa.
Kita akan kerjasama dengan polisi mana yang boleh dilihat masyarakat, mana yang enggak. (Saya lihat dari aplikasi) macam-macam ada Eagle Eye atau apa gitu yang gratisan, yang penting ada IP Address langsung jalan,” tutup Ahok.