Ciptakan Asap Rokok Jadi Oksigen, Siswa MTS Penghafal Al Qur’an Asal Kudus Raih Juara I LPIR Nasional

Para siswa MTS Yanbu'ul Quran meraih juara 1 LPIR tingkat nasional (IST).
Para siswa MTS Yanbu’ul Quran meraih juara 1 LPIR tingkat nasional (IST).

MTs Yanbu’ul Qur’an di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus meraih juara 1 setelah hasil karya pengubah asap rokok menjadi oksigen di Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat Nasional di Bali.

MTS yang juga masih satu yayasan dengan Arwaniyah ini mencetak para penghafal Al Qur’an.

Adapun tim MTS Yanbu’ul Qur’an ini terdiri dari Muhammad Nasim Mubarok (13), Abdullah Faqih (14), dan Alin Adzkan Nuha (14).  Adapun alat yang mereka ciptakan diberi nama T-Fanter 25.

Baca juga:  Janda Cantik Eks Model, Jual Rumah dapat dirinya, Tapi?

T Fanter 25 yang memiliki tinggi 70 cm, dengan lebar 15 cm dan panjang 50 cm itu. Di dalamnya terdapat lampu UV, alumunium foil, plat alumunium berlapis bahan kimia TiO2/karbon aktif, serta blower. Selain material logam dari Titanium yang dibeli di Semarang, lainnya dapat dengan mudah didapatkan di Kudus.

Kepala Madrasah Aliyah (MA) Tahfidz Yanbu’ul Quran Sulis Fanani mengakui dua di antara peserta yang menang lomba itu sudah hafiz (penghafal Quran).

Menurut Fanani, pihaknya ingin agar dilakukan penelitian lebih lanjut. Sehingga ke depan, penemuan itu bisa dipatenkan dan diproduksi secara massal. “Anjuran dari dewan juri juga seperti itu,” kata dia.

Baca juga:  Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

Selain ketiga siswa tersebut banyak siswa lain yang juga punya karya ilmiah.


1 comment

Comments are closed.