Facebook ‘tendang’ Bing, andalkan Mesin Pencariannya Sendiri

Facebook tendang bing
Ilustrasi (Foto: blog.solidcactus.com )

Selama bertahun-tahun, hasil pencarian Facebook menggunakan situs yang disediakan oleh Bing. Namu untuk kali ini Facebook berhenti memasukkan hasil pencarian dari mesin Microsoft, Bing, di situs jejaring sosial tersebut.

“Facebook menawarkan mesin pencariannya sendiri yang memungkinkan pengguna dengan cepat menemukan komentar terakhir dan informasi lain yang diposting oleh teman-teman mereka di Facebook”, Ucap juru bicara perusahaan.

Keputusan tersebut diambil Facebook sebagai peningkatan dalam situs teknologi mesin pencarian bagi Facebook yang selama ini didominasi oleh Google.

Saat ini pencarian di Facebook telah lama diarahkan untuk membantu pengguna terhubung dengan teman dan mencari informasi lain yang ada di dalam wall atau timeline 1,35 miliar pengguna layanan jejaring sosial tersebut.

“Saat ini kami tidak menunjukkan hasil pencarian web (Bing) di Facebook Search karena kami fokus membantu orang menemukan apa yang telah dibagikan kepada mereka di Facebook,” ungkap juru bicara Facebook kepada Reuters.

Baca juga:  Nettox Watch, 'Detox' Kecanduan Gadget Kreasi Mahasiswa Universitas Indonesia

“Kami masih memiliki kerjasama yang baik dengan Microsoft di banyak area yang berbeda.” tambahnya.

Sampai ini dari pihak Microsoft belum bersedia untuk memberikan komentar akan hal ini.

Mark Zuckerberg CEO Facebook, telah menandai mesin pencarian sebagai salah satu inisiatif pertumbuhan utama perusahaan. Pada bulan Juli tercatat lebih dari 1 miliar permintaan pencarian yang terjadi di Facebook setiap harinya.Alhasil, kondisi ini mengisyaratkan bahwa informasi yang dibagikan pengguna Facebook dapat menggantikan kebutuhan pencarian web untuk jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tertentu.

“Ada lebih dari satu triliun posting, dan beberapa search engineers di tim mengingatkan saya bahwa angka ini lebih besar dari pada corpus web pencarian di luar sana,” papar Zuckerberg pada konferensi dengan para analis di bulan Juli, seperti dikutip Reuters.

Diketahui Microsoft Bing merupakan merupakan mesin pencarian web No.2 di AS, dengan pangsa pasar hampir 20 persen, menurut perusahaan riset comScore industri.

Baca juga:  Xiaomi MI Note, Tantang iPhone 6 Plus

Rekanan antara Facebook dan Microsoft memiliki hubungan yang sudah berjalan lama dengan investasi Microsoft sebesar 240 juta dolar di Facebook dan saham 1,6 persen di perusahaan di perusahaan tersebut pada Oktober 2007. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Microsoft menyediakan iklan banner di situs Facebook di pasar internasional.

Untuk mengambil kontrol yang lebih luas dalam bisnis iklan. Facebook berhenti menggunakan iklan banner Microsoft pada 2010.  Namun Facebook, selama kurun waktu tersebut, memperluas penggunaan dari hasil pencarian Bing Microsoft untuk versi layanan internasionalnya.